banner 728x250

Tingkatkan Kualitas Layanan, Petugas Duta Layanan LPKA Kelas II Pangkalpinang Diberi Penguatan

PANGKALPINANG – Koordinator Duta Layanan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Provinsi Bangka Belitung, Surya Gunawan memberikan penguatan bagi Petugas Duta Layanan bertempat di Ruang Serba Guna LPKA Pangkalpinang, Senin (10/01/2022).

Sekadar diketahui bahwa Duta Layanan merupakan cerminan dan citra dari organisasi dalam rangka memberikan pelayanan kepada khalayak atau pengguna layanan di dalam sebuah organisasi.

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Koordinator Duta Layanan tersebut.

Menurutnya, kegiatan penguatan ini sangat perlu dilakukan setiap saat, khususnya di awal tahun seperti ini.

“Kita punya target kinerja dan tanggungjawab moral yang harus dicapai dalam melaksanakan tugas. Oleh sebab itu, penguatan sangat penting dilakukan, apalagi berkaitan dengan pelayanan langsung bagi pengguna layanan,” kata Nanang Rukmana kepada Global-Satu.com, usai kegiatan ini.

Ia berpesan agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan kebutuhan para pengguna layanan.

Sementara, Koordinator Duta Layanan, Surya Gunawan mengatakan, kegiatan penguatan bagi Petugas Duta Layanan ini agar kualitas pelayanan yang diberikan semakin meningkat dan selalu dekat dengan masyarakat pengguna layanan.

“Saat ada tamu yang masuk dan berkunjung ke LPKA Pangkalpinang agar dilaksanakan pelayanan 5S serta menanyakan keperluan tamu tersebut dan kemudian segera mengarahkan ke ruang tunggu tamu. Kita harus memberikan pelayanan prima kepada siapapun pengguna layanan, tanpa membedakan status pengguna layanan serta tidak diskriminatif,” imbuh Surya Gunawan.

Petugas Duta Layanan bertugas mengakomodasi pertanyaan, pengaduan, komplain, keluhan, serta menjadi ikon pembangunan Zona Integritas di lingkungan LPKA Kelas II Pangkalpinang.

“Maksimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada, baik ruang tamu maupun ruang pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Tidak ada pegawai yang menerima tamu di ruangan tersendiri, kecuali pegawai tersebut sudah menemui tamu di ruang tamu dan dibawa ke ruangannya,” pesannya.

Lebih lanjut Kepala Sub Seksi Administrasi, Pengawasan dan Penegakan Disiplin (Kasubsi Adwasgakplin), Prabowo Danu Brata
mengingatkan kepada seluruh Petugas Duta Layanan dalam melaksanakan tugas untuk selalu berkoordinasi, terutama apabila terjadinya tabrakan jadwal antara jadwal Petugas Duta Layanan dan tugas piket petugas wanita.

“Duta Layanan adalah ujung tombak pelayanan kepada masyarakat atau pengguna layanan, oleh sebab itu harus benar-benar maksimal dan penuh tanggungjawab dalam melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat dengan pelayanan yang prima,” kata Prabowo. (Bmg)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250