banner 728x250

Kembangkan Sinergi Penta Helix Dalam Pembangunan Kota Bekasi, Plt. Wali Kota Berikan Arahan Strategi

KOTA BEKASI – Model Penta Helix Adalah Desain integrasi 5 pihak terkordinasi satu sama lain, dalam membangun atau mewujudkan sebuah tema pembangunan atau citra baik tertentu sebuah kota, yaitu perguruan tinggi, bisnis, komunitas, dan media bersama pemerintah daerah.

Bentuk Inovasi Daerah tata kelola pemerintah, inovasi pelayanan publik, inovasi daerah lainnya, dalam tata laksana internal pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelola unsur manajemen, inovasi penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi proses pemberian pelayanan barang/jasa dan bentuk barang/jasa publik.

Turut hadir, Kepala Bappelitbangda Kota Bekasi Dinar Faizal, Tim TWUP4, Haris Budiyono, seluruh perguruan tinggi yang ada di Kota Bekasi, Serta Pejabat Pemerintah Daerah Kota Bekasi, Rabu, (19/1/2022).

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dalam pemaparannya menyampaikan model penta helix adalah desain integritas 5 pihak yang terkoordinasi satu sama lain, untuk membangun dan mewujudkan sebuah tema pembangunan terutama perguruan tinggi, bisnis komunitas, dan bersama media bersama Pemerintah Kota Bekasi.

Terdapat 16 sub sektor yang termasuk dalam industri berbasis kreatifitas, antara lain ; arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fesyen, games aplikasi, penerbitan, periklanan, televisi radio, seni pertunjukan dan seni rupa.

Tri Adhianto mengatakan juga bahwa langkah pengembangan inovasi daerah berupa pembuatan proposal inovasi daerah, pembentukan dengan keputusan kepala daerah mengenai inovasi daerah, penetapan keputusan kepala daerah, uji coba, penetapan dengan keputusan Kepala daerah mengenai penerapan inovasi daerah, penerapan tersebut dilaporkan kepada menteri, menteri melakukan penilaian terhadap daerah yang melakukan inovasi daerah, dan menteri memberikan penghargaan.

Dalam pengarahan tersebut mengacu pada arahan dari Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil yang mengatakan kekuatan pembangunan suatu negara atau wilayah didukung oleh semua elemen, percepatan pembangunan tak bisa dilakukan sepihak saja. Maka konsep Penta helix dimana unsur pemerintah, masyarakat, komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

(ST/ndoet)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250