banner 728x250

Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang-Instansi Terkait Teken PKS

PANGKALPINANG – Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Kanwil Kemenkumham Babel mengadakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah instansi terkait di Kota Pangkalpinang yang berlangsung di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Rabu (26/01/2022).

Instansi terkait yang mengikuti kegiatan ini, yaitu Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Kwartir Cabang Pramuka Kota Pangkalpinang, dan Yayasan Rumah Sahabat Al-Quran Azamtu.

Kegiatan ini langsung dilaksanakan oleh Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Sugeng Hardono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang H. Firmantasi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Ihsan Reza mewakili Kwartir Cabang Pramuka Kota Pangkalpinang dan Ketua Yayasan rumah Sahabat Al-Quran Azamtu, Muhammad Salahudin.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang mengatakan bahwa Pemasyarakatan itu tidak dapat berdiri sendiri.

“Pemasyarakatan itu adalah suatu sistem yang terdiri dari empat subsistem yang harus terdapat di dalamnya, yakni Pembina, Warga Binaan, Aparat Penegak Hukum, dan Instansi atau Stakeholder terkait. Jika sub sistem tersebut terputus, maka proses sistem pemasyarakatan tidak dapat berjalan dengan baik,” ujar Sugeng Hardono.

Ia menjelaskan bahwa bimbingan terhadap Warga Binaan tak hanya menjadi tugas pemasyarakatan saja, namun tugas seluruh elemen masyarakat.

“Warga Binaan di dalam itu adalah saudara-saudara dan sahabat-sahabat kita yang harus kita bimbing. Kalau dalam sistem pemasyarakatan warga binaan itu adalah orang yang tersesat dan dalam prinsip pemasyarakatan, itu adalah tugas kita untuk memberikan bekal kepada mereka agar dapat diterima dan berperan aktif bagi masyarakat serta kehidupan setelah mereka keluar nantinya.,” jelas Sugeng.

Kalapas Narkotika diakhir amanatnya juga mengucapkan terimakasih kepada para stakeholder yang telah bersedia melakukan kerja sama dengan Lapas Narkotika Pangkalpinang,

“Terimakasih dan hormat kami atas kesedian bapak dan ibu semua untuk dapat melakukan kerja sama dengan kami. Terimakasih sudah mau membantu kami dalam menjalankan sistem pemasyarakatan yang baik melalui pemberian bekal bagi para warga binaan dalam program Pembinaan Kepribadian,” ucapnya. (Bmg)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250