banner 728x250

Dishub Gelar Operasi Penertiban Kendaraan Melebihi Tonase

LANGSA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Langsa bersama Satlantas Polres Langsa serta Polisi Militer, menggelar razia operasi penertiban kendaraan yang melebihi tonase, di Jalan Lintas Medan – Banda Aceh Gampong Batee Puteh Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa, Rabu (23/02/2022).

Kadishub Kota Langsa Bambang Suriansyah, SE didampingi Kabid Darat Syafrizal disela-sela kegiatan tersebut kepada awak media mengatakan, razia yang dilakukan hari ini adalah untuk memeriksa apakah
berat muatan dan ukuran kendaraan, misalkan kapasitasnya maksimal 8 ton dimuat sampai 10 ton. Izin 10 ton diisi melebihi yang diizinkan, maka akan kita lakukan penilangan.

“Kita tidak melihat apa isi yang di angkut, tapi penggunaan jalur jalan harus sesuai peraturan, baik peraturan kementerian maupun lalu lintas,” ucapnya.

Hal ini sesuai dengan dasar hukum penanganan ODOL yakni Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 134 Tahun 2015, dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.736/AJ.108/2017.

“Selain itu kami juga akan memeriksa kelengkapan surat-surat mobil barang, apakah masih berlaku atau tidak, jika masa berlakunya sudah habis, kami minta untuk segera di urus perpanjangannya,” ujar Kadishub.

Lebih lanjut Kadishub Kota Langsa Bambang Suriansyah menjelaskan, adapun target kegiatan razia ini adalah kendaraan-kendaraan besar pengangkut barang baik mobil Bak terbuka maupun kendaraan pengangkut Kontainer.

“Pasalnya aktivitas lalu lintas kendaraan besar yang melebihi tonase
dapat membuat kerusakan parah akses jalan,” jelas Bambang Suriansyah atau yang akrab disapa Agam.

Selain itu, pada kesempatan yang sama personil Satlantas Polres Langsa juga memeriksa mobil pribadi dan Kendaraan roda dua guna mendisiplinkan pengguna jalan terkait kelengkapan surat-surat kendaraan, SIM, dan kelengkapan lainnya seperti memakai sabuk pengaman dan helm dua demi menjaga keselamatan saat berkendara dijalan raya, dan juga memberikan rasa aman, nyaman, kepada mereka para pengguna jalan lainnya. (Syd ).

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250