banner 728x250

Wakil Walikota Langsa, Minta Masyarakat Tidak Buang Sampah Disembarang Tempat

LANGSA  – Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid, meminta masyarakat agar tidak membuang sampah disembarang tempat seperti ke dalam sungai atau parit serta pinggir jalan.

Hal tersebut disampaikan Marzuki Hamid usai mempesijeuk atau menepung tawari Betor ( becak motor ) sebagai alat pengangkut sampah bertenpat di Gampong Pondok Keumuning, kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, Selasa 29 Maret 2022.

Lanjutnya, apalagi, saat ini di masing-masing gampong ( desa, red) sudah tersedia becak motor Viar, sehingga diharapkan penanganan sampah ke depan bisa maksimal, sebut Marzuki Hamid.

Marzuki Hamid menambahkan dengan adanya betor Viar ini maka penanganan sampah khususnya di Gampong Pondok Kemuning bisa lebih maksimal. Kemudian, dihimbaukan kepada seluruh perangkat Gampong (Desa) untuk tidak bosan-bosan memberi imbauan ataupun pengumuman kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Geuchik (Kepala Desa, red), Tuha Peut (Badan Permusyawaratan Desa, red), imam Gampong, kepala dusun dan perangkat gampong harus memberitahukan kepada masyarakat tentang bagaimana membuang sampah yang benar. Ini menjadi tanggungjawab kita semua, sehingga masyarakat benar-benar paham,” ucapnya.

Wakil Walikota Langsa juga menegaskan dalam hal penanganan sampah menjadi tanggungjawab bersama. Karena, setiap masyarakat mempunyai peran dan tugas serta tanggungjawab dalam menangani sampah.

“Ke depan jika ada sampah dipinggir jalan, jangan beranggapan ini menjadi tanggungjawab Walikota, Wakil Walikota serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , tapi itu menjadi tanggungjawab kita semua,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Gampong Pondok Kemuning yang telah menyediakan Betor Viar untuk penanganan sampah.

Sebelumnya, Geuchik Gampong Pondok Kemuning, Saiful Azhar, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Langsa, Dr.Marzuki Hamid, MM yang telah bersedia hadir untuk peusijuk (tepung tawar) Betor Viar.

Saiful Azhar menjelaskan, pengadaan Betor Viar ini bertujuan untuk menangani permasalah sampah yang ada di Pondok Kemuning. “Dengan adanya Betor Viar ini, dirinya berharap tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Hadir pada acara peusijuk (Tepung tawar) Betor viar, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ridwanullah, S.STP, Camat Langsa Lama, H.Zakaria, SE dan tamu lainnya.( Syd).

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250