banner 728x250

Bersinergi dengan Puskesmas Tamansari, LPKA Pangkalpinang Cek Kesehatan Andikpas

PANGKALPINANG – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang, Kanwil Kemenkumham Babel kembali melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan rutin setiap bulan serta skrining kesehatan mental remaja bagi tahanan baru.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan tim kesehatan Pukesmas Taman Sari Kota Pangkalpinang, Sabtu (02/04/2022).

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, khususnya Puskesmas Taman Sari yang telah bersinergi dengan LPKA Pangkalpinang sehingga terkait pelayanan kesehatan dan pengobatan bagi anak didik pemasyarakatan (Andikpas) dapat terlaksana dengan baik hingga saat ini.

“Memang kita sudah memiliki tenaga medis, yakni perawat yang dapat memantau kesehatan Andikpas setiap hari, namun dengan adanya sinergitas dengan Puskesmas Taman Sari ini kesehatan Andikpas akan lebih terjamin karena diperiksa langsung oleh dokter yang kompeten,” ucap Nanang.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Perawatan, Achmad Syarwani menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan serta pengobatan bagi Andikpas rutin dilakukan setiap bulan. Kemudian, setiap tiga bulan sekali dilakukan skrining TBC.

Menurutnya melalui kegiatan skrining rutin maka akan dapat diketahui apakah seorang Andikpas berisiko lebih tinggi mengalami suatu masalah Kesehatan.

“Oleh sebab itu, secara rutin kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan bagi Andikpas agar semuanya sehat dan dapat mengikuti semua kegiatan yang ada di LPKA Pangkalpinang dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Lebih lanjut Achmad Syarwani menyebut, sebanyak 19 orang Andikpas LPKA Pangkalpinang yang hari ini mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

“Selama Andikpas berada di LPKA Pangkalpinang, kami harus dapat menjamin kesehatan mereka,” pungkasnya.

Selanjutnya, Dokter Agus Puskesmas Taman Sari menyampaikan bahwa ia bersama tim medis telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada semua Andikpas di LPKA Pangkalpinang.

Pengobatan dilakukan sesuai apa yang menjadi keluhan Andikpas.

“Apa yang menjadi keluhan kesehatan anak-anak di sini, kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan diberikan obat sesuai dengan keluhan tersebut. Kebanyakan keluhan anak-anak adalah pusing, gatal-gatal, bintik-bintik merah dan jerawat,” ungkap Dokter Agus.

“Alhamdulillah sejak awal saya dan tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan Andikpas di LPKA Pangkalpinang, sampai saat ini terus mengalami penurunan mengenai keluhan kesehatan Andikpas,” sambungnya.

Dia berpesan agar Andikpas selalu menjaga higienitas diri, mulai dari mencuci baju, membersihkan kamar dan lingkungan.

“Hal ini agar tren keluhan gatal-gatal dan kesehatan lainnya semakin menurun,” saran Dokter Agus. (Bmg)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250