banner 728x250
Langsa  

Sidang Terbuka Senat Universitas Samudra Kukuhkan 508 Wisudawan

LANGSA – Universitas Samudra (Unsam) menggelar Prosesi Sidang Terbuka Senat Universitas Samudra dalam Rangka Wisuda Sarjana Periode I Tahun 2022 di Gedung Multi Guna Meurandeh berlangsung secara Luring dan disiarkan secara Live Streaming melalui Kanal Youtube Unsam TV pada Rabu (07/06/2022).

Ketua Senat Universitas Samudra, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd membuka prosesi acara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana tersebut secara resmi dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Dr. Ir. Cut Mulyani, M.P melaporkan, Jumlah lulusan yang akan dikukuhkan dalam acara wisuda Periode I Tahun 2022 tersebut berjumlah 508 wisudawan/i dengan rincian sebagai berikut, Fakultas Hukum 39 orang; Fakultas Ekonomi 93 orang ( Program Studi Manajemen 37 orang, Program Studi Ekonomi Pembangunan 32 orang, dan Program Studi Akuntansi 24 orang); Fakultas Pertanian 40 orang (Program Studi Agroteknologi 18 orang, Program Studi Agribisnis 13 orang, Program Studi Budidaya Perairan 9 orang); Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 236 orang (Program Studi Sejarah 26 orang, Program Studi Biologi 25 orang, Program Studi Bahasa Inggris 12 orang, Program Studi Bahasa Indonesia 25 orang, Program Studi Geografi 26 orang, Pendidikan Matematika 14 orang, Pendidikan Fisika 14 orang, Pendidikan Kimia 10 orang, Pendidikan Jasmani 31 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 53 orang); dan Fakultas Teknik 100 orang (Program Studi Teknik Sipil 42 orang, Program Studi Teknik Mesin 6 orang, Program Studi Teknik Industri 9 orang, Program Studi Teknik Informatika 20 orang, Program Studi MIPA Matematika 6 orang, Program Studi MIPA Biologi 9 orang, dan Program Studi MIPA Kimia 8 orang).

Diantara 508 orang Wisudawan/i terdapat 7 orang berprestasi atau predikat kelulusan Dengan Pujian, yaitu dari Fakultas Hukum 1 Orang, Irfina Assughra, NIM 180101006; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 4 orang; Najira, (NIM 180402004, Pendidikan Biologi); Raidatul Hasanah, (NIM 180403029, Pendidikan Bhs.Inggris); Sumiati Br Maha, (NIM 180404016, Pendidikan Bhs. Indonesia); dan Brema Bangun, (NIM 100409034, Pendidikan Jasmani); dan 2 orang dari Fakultas Teknik; Windi Ani, (NIM 180604015, MIPA Kimia) dan Ramaidani, (NIM 180602007, MIPA Biologi).

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T dalam pidatonya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan/i dan keluarga atas keberhasilan dan pencapaian jenjang Akademik yang telah diraih, dan berharap dengan kompetensi yang dimiliki sesuai keahliannya dapat bermanfaat dan berkontribusi nyata kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

“Dengan gelar akademis yang Anda sandang, dan ilmu yang diperoleh agar terus berkarya, dapat bermanfaat dan berkontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Pencapaian ini adalah bukti kerja keras , tidak terlepas dari motivasi, dukungan dan doa dari orang tua, orang orang tercinta dan banyak pihak yang terlibat di sekeliling anda.”

Tepat pada tanggal 13 Mei 2022 ini Universitas Samudra telah berumur 9 tahun dalam posisi sebagai PTN. Banyak Prestasi yang telah dicapai baik dari segi SDM, yaitu peningkatan kompetensi dosen maupun pencapaian prestasi mahasiswa. Dengan umur yang masih muda ini akan memotivasi para Dosen, pimpinan, mahasiswa dan seluruh civitas Akademika untuk terus menyiapkan diri dan beradaptasi pada setiap perubahan yang terjadi sekarang dan masa yang akan datang.

“Pandemi covid 19 telah memberi pelajaran penting, dimana selama 2 tahun kita tidak dapat berhubungan dengan berbagai pihak, tetapi teknologi memberi jawaban pada saat itu, dengan teknologi dan upaya pemerintah melalui vaksinasi kita telah melalui pandemi. Semangat ini akan terus kita jaga dalam menghadapi perubahan zaman yang terus berlangsung,” ucap Rektor

Selain itu Rektor Unsam juga menyampaikan Orasi Ilmiah dengan judul “Peranan Perguruan Tinggi Menghadapi Perubahan Iklim”. Dimana melalui Orasinya Rektor Unsam mengajak kaum Akademisi untuk turut menjaga kelestarian bumi demi keberlangsungan kehidupan manusia di bumi ini, diantaranya yang dapat dilakukan perguruan tinggi adalah melalui edukasi, yang akan dituangkan dalam kurikulum pembelajaran di Universitas dan mempersiapkan badan kesiagaan mitigasi bencana.

Walikota Langsa, Tgk. Usman Abdullah, S.E yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Langsa, Junaidi, SKM.,M.Kes turut mengucapkan selamat kepada para wisudawan/i dan berharap mampu menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul dan handal yang mampu berkompetisi sehingga siap untuk mengabdi kepada masyarakat, agama dan bangsa.

“Wisuda merupakan Refleksi keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi, sebagai lulusan dari Universitas Samudra, kampus kebanggaan masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya, yang terletak di pesisir Timur Aceh, Pemerintah Kota Langsa meyakini bahwa para wisudawan/i yang akan diwisuda hari ini adalah lulusan hebat yang berintegritas dan memiliki semangat juang tinggi serta kepedulian dan tanggungjawab bersama dari terhadap keluarga, masyarakat, agama dan bangsa,” terangnya.

“Sebagai insan Akademisi perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa sudah merupakan keharusan untuk selalu aktif berperan dalam transfer pengetahuan tidak hanya di perguruan tinggi tetapi juga dalam masyarakat, melalui Workshop, Seminar, terlibat dalam tugas penelitian dan pengabdian. Teruslah mencari pengetahuan dan pengalaman karena hal inilah yang membedakan saudara saat saudara terjun ke masyarakat sehingga tidak hanya mudah dalam mendapat peluang pekerjaan, tetapi dapat menciptakan lapangan kerja baru yang mandiri,,” pungkasnya.

Acara Sidang Terbuka Senat Universitas Samudra dalam Rangka Wisuda Sarjana Periode I Tahun 2022 tersebut dihadiri oleh segenap unsur Pimpinan Universitas Samudra, Civitas Akademika Unsam, dan Mahasiswa. Turut hadir unsur Forkopinda Kota Langsa dan tamu undangan lainnya. ( Syd).

error: Content is protected !!
banner 728x250