banner 728x250

TMMD Adalah Karya Nyata Prajurit Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

LANGKAT  – Deru mesin alat berat yang bekerja membuka jalan memecah keheningan pagi di sebuah dusun terpelosok di kaki Bukit Barisan.Sesuai dengan yang telah direncanakan warga Dusun VI Desa Lama Baru bersama belasan Prajurit TNI-Polri bahu membahu melakukan percepatan pekerjaan pembukaan jalan. Potret kebersamaan warga dusun tersebut tergambar nyata di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TA 2022 yang dikerjakan Satgas jajaran Kodam I Bukit Barisan di wilayah Kodim 0203/Langkat.

Dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, Kodam I Bukit Barisan beserta tujuh Kodim di bawahnya yaitu Kodim 0205/Tanah Karo, Kodim 0303/Bengkalis, Kodim 0305/Pasaman, Kodim 0310/Sijunjung Dharmasraya, Kodim 0315/Tanjungpinang, dan Kodim 0314/Inhil (TMMD Imbangan) melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana yang dikemas dalam TMMD dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa berkategori wilayah 3T (terpinggir, terpelosok, dan terbelakang).

Di lain hal kegiatan TMMD menjadi media bagi TNI AD untuk mensinergikan berbagai program pemerintah daerah dan membangun koordinasi antar-instansi terkait dalam menentukan sasaran serta muara dalam memberikan solusi terhadap berbagai kendala yang ada dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Seperti pelaksanaan TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat di Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, misalnya. Melalui kegiatan TMMD ke-113 ini, Satgas Kodim 0203/Langkat bersama Pemerintah Kabupaten Langkat mengerjakan pembukaan dan pembuatan badan jalan sepanjang lebih kurang 3.000 meter, rehab Gereja GKPI, rehab Madrasah RA Alfa Rukiah, rehab Masjid Raya Baiturrahman, dan pembuatan dua unitPoskamling.

Selain sasaran fisik di atas, juga dikerjakan kegiatan non fisik dalam bentuk penyuluhan. Seperti bela negara, wawasan kebangsaan, pertanian, hukum dan Kamtibmas, bahaya narkoba, agama, KB dan kesehatan, perikanan dan peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, mitigasi bencana, serta Posyandu, Posbindu PTM dan masalah stunting. Dengan program ini dua sasaran bisa dijalankan dalam satu frame.Secara nyata hasil fisik dapat dilihat berupa pembuatan badan jalan dan non fisik masyarakat di lokasi mendapatkan wawasan kebangsaan dan terhindar masalah stunting.

Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin, SH, di sela kesibukan yang ditemui di ruang kerjanya di Kantor Bupati Langkat di Kota Stabat beberapa saat lalu menjelaskan, program TMMD ke-113 TA 2022 Kodim 0203/Langkat ini sangat berguna bagi masyarakatnya, terutama yang hidup di wilayah terpencil.

“Seperti pembukaan dan pembuatan jalan sepanjang 3 Km dengan lebar 8 meter di Dusun VI Desa Lama Baru, contohnya.Jalan tersebut menghubungkan Dusun V Cinta Maju menuju Dusun VI Desa Lama Baru, dan menuju Desa Telaga Said. Bisa kita bayangkan wilayah Dusun VI Lama Baru yang belasan tahun ini nyaris terisolir dan sebagian anak-anaknya bersekolah di luar Dusun VI, begitu juga dengan hasil pertanian dari Dusun VI Desa Lama Baru yang terhambat dipasarkan karena masalah ongkos transportasi,” jelasnya.

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250