banner 728x250
Langsa  

Rektor Unsam Tandatangani Nota Kesepahaman Standarisasi Pengelolaan Laboratorium

LANGSA – Rektor Universitas Samudra (Unsam) Dr. Ir. Hamdani, M.T menandatangani Nota Kesepahaman Standarisasi Pengelolaan Laboratorium dengan Cabang dinas pendidikan wilayah Kota Langsa.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dirangkai dengan Pelatihan Standarisasi Pengelolaan Laboratorium bagi pengelola Labor bidang studi Biologi, Kimia dan Fisika dari SMU/SMK yang ada di Kota Langsa, berlangsung di Aula I kampus setempat, Jum’at (24/6/2022).

Dalam sambutannya Hamdani mengatakan, berbicara masalah laboratorium, didalamnya terdapat berbagai jenis alat serta berbagai proses teknis sebagai penunjang kegiatan penelitian.

Kemudian, untuk diketahui bahwa di Unsam ini ada 10 program studi untuk keguruan yang ada di Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, bahkan kita juga akan membuka satu jurusan lagi yakni khusus jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA), ujar Hamdani.

Saat ini, Unsam sudah punya tawaran untuk laboratorium virtual, jadi mahasiswa yang ingin pelatihan tidak perlu lagi ke laboratorium untuk menggunakan alat praktikum, namun dengan zoom lewat rumah nantinya sudah bisa.

“Untuk diketahui, perkembangan teknologi yang semakin pesat dimana dunia maya atau internet sebagai sarana pembelajaran yang lengkap serta proses pembelajaran baik itu penelitian maupun implementasi dapat dilakukan secara online,” ujarnya.

Hamdani juga menyampaikan, kepada Kepala cabang Dinas silahkan gunakan UPT Lab Dasar Unsam, karena saat ini laboratorium tersebut sudah lumayan lengkap sebagai sarana penelitian dan praktikum serta sarana pembelajaran nantinya bagi pengelola labor tingkat SMA ini.

Sedangkan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa, Drs Muhammad Daud, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk melatih para pengelola labor sekolah tingkat SMA.

Nantinya, dari mata pelajaran tertentu seperti biologi, fisika dan kimia akan mengikuti pelatihan standarisasi pengelolaan laboratorium sebagai bekal untuk pengelolaan labor di tingkat Sekolah.

Dijelaskan Kadis, diseluruh SMA di Kota Langsa sudah memiliki laboratorium, namun untuk tata kelola dan manajemen masih kurang maka dari itu kami gelar pelatihan ini agar dapat menjadi pengelola labor yang lebih baik lagi

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dasar Universitas Samudra Dr. Teuku Hasan Basri, S.Pd., M.Pd. disela sela kegiatan tersebut mengatakan menyambut baik Penandatanganan Nota Kesepahaman Standarisasi Pengelolaan Laboratorium antara Universitas Samudra dengan kepala Cabang dinas pendidikan wilayah Kota Langsa.

Adapun Ruang lingkup Nota Kesefahaman ini meliputi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi kegiatan bidang pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (SDM), Peningkatan Kualitas SDM, Pemanfaatan Tenaga Ahli, Pelaksanaan Magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta kegiatan lain yang disetujui kedua belah pihak, jelas Hasan Basri.

Lanjutnya, selain penandatanganan Nota kesepahaman juga dilakukan Pelatihan Standarisasi Pengelolaan Laboratorium bagi Laboran atau pengelola Labor bidang studi Biologi, Kimia dan Fisika yang ada di Sekolah-sekolah tingkat SMU/SMK di wilayah Kota Langsa, di laksanakan di UPT Laboratorium Dasar Universitas Samudra mulai tanggal 24 s/d 27 Juni 2021.(Syd).

error: Content is protected !!
banner 728x250