banner 728x250

82 Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Latihan Menembak

PANGKALPINANG – Sebanyak 82 Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel bekerjasama dengan Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan latihan menembak di lapangan tembak Gegana Brimob Polda Babel, Selasa (28/06/2022).

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama dan permantapan sebelum kegiatan dimulai tersebut dalam rangka Peningkatan Fisik, Mental dan Disiplin melalui Latihan Menembak.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Sugeng Hardono dalam sambutanya mengatakan, Petugas Pemasyarakatan dituntut untuk memiliki keahlian dan kompetensi dalam berbagai hal, diantaranya fisik kesamaptaan, bela diri, intelijen dan menembak.

Tuntutan ini berdasarkan Permenkumham Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lapas dan Rutan serta Standar Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban Lapas dan Rutan.

“Hal ini menjadi sangat penting dalam pelaksanaan pengamanan oleh Petugas Pemasyarakatan untuk menghadapi situasi genting seperti percobaan pelarian, perkelahian dan perlawanan, kerusuhan antar narapidana atau tahanan, penyerangan dari luar serta kemungkinan gangguan kamtib lainnya,” ujarnya.

Dengan begitu, Kalapas berharap kepada seluruh peserta kegiatan Latihan Menembak agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh sesuai arahan instruktur di lapangan.

“Lakukan dengan disiplin dan patuhi petunjuk dengan baik. Harapannya dengan berlatih menembak para petugas dapat memiliki kontrol yang kuat, mampu mengontrol diri dari setiap keadaan yang dapat mengganggu, tekanan dan guncangan emosional sehingga dapat menguasai diri dari rasa takut dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan,” kata Sugeng Hardono.

Adapun Peserta kegiatan Latihan Menembak ini terbagi menjadi 2 kelompok.

Yang pertama untuk kelompok pagi sebanyak 40 petugas baik pejabat, JFT, JFU dan Anggota Jaga serta 2 taruna Poltekip mengikuti kegiatan dengan semangat dari pukul 08.00-11.30 WIB, sedangkan kelompok kedua sebanyak 40 petugas baik pejabat, JFT, JFU dan Anggota Jaga serta Poltekip mengikuti kegiatan dengan semangat dari pukul 13.00-16.30 WIB.

Masing masing kelompok mengikuti 4 Jam Pelajaran dimulai dengan perkenalan senjata, teknik pengenalan senjata, teknik persiapan dan pelaksanaan menembak. (Bmg)

error: Content is protected !!
banner 728x250