banner 728x250

Hoky Apresiasi Dalang Ki Yanto Yang Pentas di Pagelaran Wayang Kulit HUT Bhayangkara Ke-76

JAKARTA – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Semar Mbangun Kayangan. Pentas wayang kulit itu dibawakan oleh tiga dalang di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Sabtu (2/7/2022) malam.

Adapun yang menjadi dalang dalam pagelaran wayang kulit tersebut dimulai dari Ki Yanto. Selain dalang dan juga Praktisi Hukum, DR Yanto SH MH juga Hakim yang saat ini bertugas di Mahkamah Agung sebagai Direktur (Panmud) Pidana Umum, dan sebelumnya pernah menjabat menjafi Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat serta 5 Pengadilan lainnya.

Nah, setelah Ki Yanto Dalang selanjutnya Ki Anom Dwijokangko, dan Ki Anom Sutrisno. Dalam acara tersebut selain Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, tampak para pejabat lainnya, seperti Laksamana TNI Yudo Margono, dan Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto dan Ketua PERADi, Juniver Girsang.

Dalam pesta rakyat yang inisiasi oleh Kapolri ini direncanakan berlangsung dari pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 03.00 WIB, dimana kegiatan ini disemarakkan dengan sajian kuliner gratis bagi warga yang hadir menyaksikan pertunjukan wayang.

Dalam acara tersebut, ada 50 lebih pedagang kuliner yang menjajakan aneka makanan mulai dari bakso, sate ayam, kerak telor, angkringan, gule tikungan (gutik), wedang jahe, tahu genjrot, nasi goreng, siomay, bakmi Gunung Kidul, dinsum, dan masih banyak lainnya.

Masyarakat tampak antusias untuk mencicipi kuliner dari berbagai daerah, bahkan beberapa stand tampak warga antri untuk mendapat jajanan.

Hiburan rakyat yang menghadirkan bintang tamu Kirun, Marwoto, serta sinden Endah Laras dan Eka Kebumen tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah hiburan dengan hadiah utama satu unit rumah.

Apresiasi

Salah satu wartawan senior yang hadir yaitu Soegiharto Santoso alias Hoky mengapresiasi penyelenggaran pergelaran wayang kulit oleh Polri ini, karena merasa rindu untuk menonton, terlihat hiburan rakyat hadir, sebab telah dua tahun lebih pandemi Covid-19. Ia berharap agar acara ini bisa menjadi agenda setiap tahun oleh Polri.

“Saya sangat bangga dengan ada pertunjukkan wayang yang diinisiasi oleh Polri ini, sebelumnya saya juga telah 2 kali hadir saat gelaran wayang kulit di TMII pada tahun 2019, dimana sabahat kita Yang Mulia Bapak DR. Yanto, SH., MH., selalu tampil memukau dan menghibur kita semua, kalau bisa setiap tahun diadakan acara seperti ini,” ujarnya.

Hoky menambahkan, “saya dan teman-teman wartawan yang mengenal beliau juga sangat mengapresiasi sikap Yang Mulia Bapak DR. Yanto, sebab hingga saat ini tetap berkenan melayani dan menjawab komunikasi via WA, padahal jabatan beliau saat ini adalah Direktur (Panmud) Pidana Umum MA.” Ungkap Hoky yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas LSP Pers Indonesia.

Sebagai penutup Hoky mengucapkan, “Selamat hari Bhayangkara ke 76, Semoga korps Bhayangkara semakin Presisi dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, Amin.” pungkas Hoky. (Ams)

error: Content is protected !!
banner 728x250