banner 728x250

Masjid Nurul Mu’min Tonrokassi Desa Rappoa menggelar Sholat Idul Adha 1443 H

BANTAENG – Salah satu Masjid yang terletak di Desa Rappoa kec Pa’jukukang kab Bantaeng hari ini telah melaksanakan sholat idul Adha 1443 H.

Melalui pantauan globalsatu.com di lokasi, Sabtu (9/7/2022), jemaah mulai berdatangan ke masjid pada pukul 06.15 Wita. Suara takbir terus terdengar melalui pengeras suara.

Ratusan jemaah baik dari warga Tonrokassi maupun dari luar memadati Masjid Nurul Mu’min.

Dalam pelaksanaan Sholat Ied, bertindak sebagai Imam Muh Irham dan Khotib Ustadz Nu’mang S. Ag.

Usai Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari ini, 9 Juli 2022. Masjid Nurul Mu’min Tonrokassi menggelar ibadah salat Idul Adha berjemaah hari ini.

Terlihat sejumlah jemaah memadati masjid dengan menenteng sajadah masuk di masjid.

Seorang jemaah bernama Tauhid Afdlal (31) mengaku senang dapat kembali melaksanakan shalat Idul Adha. Dia bercerita kalau dimasjid yang ditempati sholat idul adha ini sudah menjadi tempat sholat id baik sholat Idul Fitri maupun Sholat Idul adha,” ucapnya.

“Alhamdulillah bisa ngerasain shalat Idul Adha bareng-bareng keluarga tercinta,” jelas Afdlal.

Dia mengungkapkan pelaksanaan shalat Idul Adha dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Salah satu Pengurus masjid Nurul Mu’min Tonrokassi Ustadz Muh Sabir S.PdI mengatakan dalam arahannya sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha.

“Ini bukan persoalan Muhammadiyahnya, tapi ini merupakan keyakinan dalam hati bahwa hari ini sudah masuk 10 Dzulhijjah,” tegas dia.

Lanjut dikatakan bahwa kalau sudah bicara keyakinan insya Allah kita akan nyaman dalam beribadah, ujar Sabir.

Sementara itu Ustadz Nu’mang S. Ag selaku khatib dalam pelaksanaan Sholat Idul adha dalam ceramahnya mengangkat tema Keutamaan Berkurban.

Keutamaan dan manfaat berkurban Iduladha yakni Allah akan memberikan pahala serta menambah amal kebaikan untuk bekal hidup di akhirat yang berlipat-lipat bagi setiap umat Muslim yang mau menggunakan sebagian hartanya untuk berkuban.

“Hadist Rosulullah SAW mengatakan bahwa, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR Ahmad)”, ucapnya.

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah)”, ujar Nu’mang.

Setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak memohon doa untuk kebaikan di dunia dan akhirat kepada Allah SWT. Doa ini pula yang dibaca Rasulullah SAW, ketika datang hari tasyrik. Dalam hadis keutamaan berkurban Iduladha yang diriwayatkan dari Annas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasanya doa yang paling banyak dibaca Nabi sallallahu alaihi wasallam adalah rabbana aatinaa fi dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaabannaar.” (HR. Bukhari dan Muslim),” Pungkasnya.

Usai Sholat Ied, dilanjutkan penyembelihan hewan qurban dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak. (Opick)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250