banner 728x250

Kanwil Kemenkumham Babel Siap Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

PANGKALPINANG – Setelah dua tahun terakhir melaksanakan upacara secara virtual, hari ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung kembali gelar upacara HUT RI ke-77 secara langsung di halaman Kantor Wilayah, Rabu (17/08/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Agus Irianto didampingi Kepala Divisi Administrasi Itun Wardatul Hamro, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini.

Sementara, di tempat lain Kepala Kantor Wilayah, T. Daniel L. Tobing mengikuti upacara peringatan HUT RI di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, serta dilanjutkan dengan dengan mengheningkan cipta bersama untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjasa dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Melanjutkan proses upacara, Inspektur upacara membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara secara serentak. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 petugas upacara.

Pada upacara HUT RI Ke-77 ini, Inspektur upacara menyampaikan pidato dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly.

Mengawali pidatonya, Agus Irianto mengatakan jika HUT RI yang ke-77 ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan untuk menghadapi perubahan kondisi pandemi. Seperti diketahui, dua tahun lebih ini Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat, sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air,” ujar Kadivpas meneruskan pesan Menkumham.

“Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun 2022 ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada. Langkah ini merupakan perwujudan harapan untuk pulih bersama lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju di masa depan,” sambungnya.

Ia menuturkan bahwa pada hari kemerdekaan ini, pemerintah juga memberikan remisi atau pengurangan masa tahanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin selama mengikuti program pembinaan.

Pemberian remisi bagi WBP di wilayah Kanwil Kemenkumham Babel sendiri akan dilaksanakan hari ini di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang.

Di akhir pelaksanaan upacara, Inspektur Upacara memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai yang telah mengabdi selama 10 tahun dan 20 tahun menjadi Aparatur Sipil Negara.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan meriah melalui pertunjukkan baju adat oleh seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Babel. (Bmg)

error: Content is protected !!
banner 728x250