banner 728x250

Paban IV Puslaiklambangjaau Sosialisasikan Investigasi bagi Personel Lanud H.AS Hanandjoeddin

BELITUNG – Paban IV/Investigasi Puslaiklambangjaau, Kolonel Pnb Riky Helman, S.E melakukan sosialisasi dan pembinaan bidang investigasi tahun anggaran 2022, di Mako Lanud H.AS Hanandjoeddin, Jum’at, (16/9/2022).

Paban IV/Investigasi Puslaiklambangjaau saat membacakan sambutan Kapuslaiklambangjaau, Marsekal Muda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han) mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pembinaan bidang investigasi kali ini merupakan salah satu program untuk dapat dilaksanakan di seluruh satuan kerja jajaran TNI Angkatan Udara.

“Sehingga akan diperoleh data masukan terkait kendala atau hambatan yang ditemui di lapangan dan saran masukan yang positif guna meningkatkan pola pembinaan investigasi yang terpadu dan berkesinambungan,” katanya.

Kolonel Pnb Riky Helman, S.E menjelaskan, adapun sasaran yang ingin dicapai adalah diperolehnya kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam rangka membangun investigation culture.

“Ini guna mendukung kelancaran tugas yang menjadi amanah kita serta diharapkan menjadi sarana komunikasi, bertukar pikiran dan saling memberi masukan baik antar satuan maupun dengan Puslaiklambangjaau selaku Balakpus Mabesau,” ujarnya.

Untuk itu, tegas Kolonel Pnb Riky Helman, S.E, satuan tidak boleh terlena dan melalaikan pembinaan investigasi. Sebab, masih banyaknya diterima laporan incident dan serious incident.

“Termasuk masih adanya laporan kecelakaan akibat kurangnya kewaspadaan, situational awareness dan pengawasan. Baik dari operator maupun pendukungnya yang berakibat pada rusaknya salah satu sistem pada alutsista. Sehingga mengurangi kesiapan operasi,” pesannya.

Oleh karena itu, ia juga mengingatkan sesuai dengan amanat Kasau, tanamkan budaya safety, kapanpun dan dimanapun, untuk menciptakan safety awareness yang tinggi.

“Sebuah misi dikatakan berhasil, saat semua personel dapat kembali bertemu keluarganya dalam keadaan aman dan selamat,” sambungnya.

Senada, Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol Nav Rudy Hartono, S.T., M.Han mengharapkan, sosialisasi ini dapat menyegarkan dan mengingatkan kembali kepada seluruh personel Lanud ASH.

“Budaya safety ini sangat penting, baik yang dilakukan secara perorangan, tim maupun kedinasan. Untuk itu, utamakan keselamatan kerja demi tercapainya zero accident,” tandasnya. (Bmg)

error: Content is protected !!
banner 728x250