banner 728x250

Idul Adha, Danrem 071/Wijayakusuma Sholat Bersama Masyarakat dan Serahkan Hewan Qurban

IMG-20230629-WA0014
IMG-20230629-WA0011
IMG-20230629-WA0007
IMG-20230629-WA0009
IMG-20230629-WA0010
IMG-20230629-WA0015
IMG-20230629-WA0005

BANYUMAS – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Diah Andhy Kusuma beserta keluarga, pada momen Idul Adha 1444 H/2023 M, melaksanakan Sholat Idul Adha bersama masyarakat dan menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban dari Bintalrem 071/Wijayakusuma. Sholat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Wijayakusuma Makorem. 071/Wijayakusuma sedangkan penyerahan hewan qurban di Lapangan Denzibang 1/IV Sokaraja, Banyumas. Kamis (29/6/2023).

Sholat Idul Adha dengan mengambil tema “Ibadah Qurban sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan dan kepedulian” selain sebagai wahana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan juga sebagai wahana silaturahmi yang sekaligus untuk mempererat sinergitas bersama segenap komponen dan elemen masyarakat.

Momen Sholat Idul Adha ini, juga disemarakkan dengan hadirnya masyarakat umat beragama lain yang tergabung dalam wadah FKUB Banyumas. Mereka hadir dengan sukarela dan tanpa pamrih untuk membantu kelancaran, keamanan dan kenyamanan jamaah umat muslim yang melaksanakan Sholat Idul Adha ini.

Sebagai Imam Sholat Idul Adha Sertu Djamzam Nurjanto dan Khotib Serma Jaenal Abidin dari Bintalrem 071/Wijayakusuma, dihadiri ratusan jamaah dari berbagai lapisan masyarakat sekitar Makorem 071/Wijayakusuma. Cuaca hujan yang mengguyur wilayah Banyumas dan sekitarnya tidak menyurutkan semangat dan kekhusyu’an para jamaah untuk melaksanakan Sholat Idul Adha tersebut.

Selaku Khotib Sholat Idul Adha Serma Jaenal Abidin dalam ceramahnya menyampaikan bahwa selain Idul Adha sebagai momen yang bernilai internasiolan juga menyimpan banyak hikmah yang harus diaktualisasikan.

“Hari ini adalah hari besar Islam yang bernilai internasional. Hari raya ini menyimpan banyak hikmah untuk diaktualisasikan dalam kehidupan keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan. Sehingga semestinya setiap orang muslim mengerti bahwa hari raya ini mengandung esensi yang harus dijabarkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu esensi ibadah haji dan ibadah qurban,” terangnya.

“Esensi dari kedua ibadah tersebut kalau kita renungkan sangat banyak maknanya, Pertama : ibadah haji dan kurban mengandung nilai penghambaan haqiqi, yakni keimanan, ketakwaan kepada Allah SWT, kepedulian sosial, persaudaraan, dan persatuan. Ke dua : ibadah haji dan kurban akan mengembalikan fitrah kemanusiaan kita dan menyadarkan kita sebagai makhluk sosial yang senantiasa memerlukan bantuan orang lain,” lanjutnya.

Sementara itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S Sos., M.M , M.Han., terkait kehadiran masyarakat umat beragama lain yang hadir untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha ini mengatakan, masyarakat umat beragama lain ini sebagai wahana untuk memperkokoh dan mempererat kerukunan umat beragama di wilayah khususnya di wilayah Banyumas.

“Ini bentuk soliditas dan solidaritas umat beragama Banyumas, agar kerukunan umat beragama tetap dan terus terjalin dengan baik. Disisi lain, sebagai tonggak perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa diwilayah,” jelasnya.

“Ini wujud nyata bukan simbolis bahwa kerukunan umat beragama di Banyumas sangat baik,” terangnya

Seusai Sholat Idul Adha, Danrem 071/Wijayakusuma menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada Panitia hewan qurban dari Bintalrem 071/Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., pada kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini selain untuk menjalankan perintah agama, juga merupakan bentuk kepedulian Korem 071/Wijayakusuma dengan berbagi hewan qurban kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Makna hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan pemotongan hewan qurban, agar setiap muslim dapat memiliki rasa kepedulian, solidaritas dan persaudaraan antar sesama, yang diwujudkan melalui berbagi daging qurban”, terangnya.

Danrem berharap, dengan berqurban seperti saat ini, semoga kita mampu untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan selain itu untuk selalu mensyukuri nikmat-Nya.

Terkait hewan qurban, Danrem mengatakan dari keseluruhan hewan qurban ini, sebanyak 2 (dua) ekor sapi dan 2 (dua) ekor kambing dari segenap prajurit dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma itu, akan dibagikan kepada anggota dan masyarakat disekililing Makorem 071/Wijayakusuma yang membutuhkan. (*)

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250