banner 728x250
Berau  

DLJ Pastikan Tidak Melanggar Ketentuan Ketenagakerjaan

BERAU – PT Dwiwira Lestari Jaya (DLJ) menyesalkan aksi mogok yang dilakukan beberapa pekerja pada senin 3 Juli 2023, pagi tadi. Selain menghambat operasional perusahaan, aksi mogok dapat merugikan bukan hanya perseroan, melainkan juga para pekerja dan keluarganya.

HRD Head DLJ Bima Ariaseta menjelaskan selama ini perseroan selalu taat dan mematuhi regulasi ketenagakerjaan yang ada. Ia sangat menyayangkan aksi mogok tersebut sebab selama ini DLJ sangat terbuka atas masukan dan kritikan dari para pekerjanya.

Terkait tuntutan beberapa pekerja soal istirahat panjang dan lembur, Bima memastikan perseroan telah melaksanakan aturan tersebut sesuai dengan ketentuan ketenagakerjaan yang berlaku.

“Dalam UU Cipta Kerja, pelaksanaan istirahat panjang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama. DLJ memiliki ketentuan istirahat panjang yang diatur dalam peraturan perusahaan,” jelas Bima.

Termasuk juga soal upah lembur, Bima menjelaskan peraturan perusahaan juga telah mengatur hal tersebut sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

“Perusahaan dengan itikad baik telah menghimbau para pekerja untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan ini sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ini juga sesuai dengan kesimpulan pada saat pertemuan pada 26 mei 2023 di Kantor Disnaker Berau,” sambung Bima.

Mogok kerja berlangsung sejak 30 Mei hingga 7 Juni 2023. Bima menjelaskan, selama aksi mogok perusahaan telah melakukan pemanggilan secara patut dan tertulis kepada pekerja yang mogok kerja untuk kembali bekerja sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada 31 Mei 2023, dan 5 Juni 2023.

Pemanggilan tersebut dilakukan dalam rangka menaati Kepmenaker No: 232/MEN/2003. Selanjutnya mengacu pasal 6 Keputusan Menteri tersebut, pekerja yang tidak memenuhi pemanggilan dari perusahaan untuk kembali bekerja maka dianggap mengundurkan diri.

“Kami memastikan seluruh pekerja akan mendapatkan hak-haknya sesuai dengan ketentuan regulasi ketenagakerjaan yang ada,” kata Bima. [*]

 

Keterangan: Photo Ilustrasi

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250