banner 728x250

Pj. Walikota Langsa Pimpin Upacara Pembukaan TMMD ke-117 TA 2023

LANGSA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0104/Aceh Timur secara resmi dibuka melalui Upacara Pembukaan yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid.

Program TMMD ke-117 kali ini mengusung tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, digelar di Lapangan Bola Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Rabu (12-07-2023).

Adapun kegiatan Upacara pagi itu diikuti oleh anggota TNI-POLRI khususnya di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilahayatul Hisbah (WH) Aceh Timur, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) FKKPI, para Pramuka serta segenap komponen masyarakat Gp. Sukajadi Kebun Ireng tempat diselenggarakannya TMMD ke-117 kali ini.

“Atas nama Pemerintah Kota Langsa mengucapkan terimakasih yang tak terhingga untuk menjadi Inspektur Upacara dalam Pembukaan TMMD Ke-117 TA. 2023 di Wilayah Kodim/0104 Aceh Timur,” sebut Pj Wali Kota Langsa.

Selain itu, ucapan terimakasih ini juga kami barengi dengan apresiasi yang tinggi atas Program TMMD ke-117 yang dilaksanakan di Kota Langsa, karena kami yakin dan percaya melalui kegiatan TMMD ini akan terbangun semangat kebersamaan yang tinggi dan semakin mendekatkan TNI dengan seluruh masyarakat Kota Langsa.

Menurutnya, mengingat program TMMD ini merupakan bagian dari komitmen, sinergitas dan integritas TNI, dalam membangun bangsa dan negara, termasuk kota yang kita cintai ini yaitu Kota Langsa.

“Insya Allah, dengan dukungan dan do’a dari semua pihak, kegiatan TMMD Tahun 2023 akan berjalan secara maksimal dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kota Langsa, baik dari segi pembangunan fisik maupun dari pembangunan non fisik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota memohon kepada Dandim 0104/Aceh Timur beserta seluruh jajarannya, agar juga menitik beratkan pembangunan Kota Langsa dari segi non fisik untuk seluruh masyarakat.

Diutarakannya lagi, karena pembangun karakter building sangatlah penting dan merupakan pondasi dasar dalam membangun karakter bangsa agar semakin cinta dengan NKRI, agar tidak terbawa oleh faham-faham yang dapat menimbulkan perpecahan, ketidak harmonisan maupun kecemburuan sosial antar warga.

Selain itu, pembangun karakter juga sangat diperlukan bagi generasi muda kita, agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, terjauh dari bahaya narkoba serta judi online yang semakin marak akhir akhir ini. Pada akhirnya, Kota Langsa menjadi salah satu rule model kota islami yang tenteram dan damai, karena bersatu rakyat dengan TNI-nya serta dengan seluruh elemen bangsa yang ada di kota ini.

Sementara Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. saat diwawancarai awak media menyatakan, pihaknya dalam pelaksanaan TMMD ke-117 bersama Forkopimda Kota Langsa ini menitikberatkan ke sarana non fisik.

“Dimana dalam pelaksanaannya kita menekankan pentingnya wawasan kebangsaan, karena apa kita harus menyiapkan generasi-generasi ke depan yang harus kita jaga,” kata Dandim.

Untuk materinya meliputi wawasan kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba, pertanian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, menjaga kesehatan, sosialisasi KB Kes, meningkatkan gizi, mengatasi kondisi stanting dengan harapan TMMD ini berjalan dengan maksimal.

“Sementara sasaran lainnya yakni, yang akan dibangun penimbunan Jalan 1245 M x 4 M, Penimbunan Jalan 600 M x 5 M, Pembuatan 1 Unit Jembatan 5 M x 5 M, Pembuatan 1 Unit Plat Beton 5 M x 1,2 M, Pembuatan 5 Unit Gorong-Gorong, Pembangunan 1 Unit MCK 6 M x 3 M dan Pembangunan 1 Unit Lapangan Volly 18 M x 9 M,” terangnya.

Acara diakhiri dengan melakukan peninjauan pelaksanaan fasilitas kesehatan, sunat massal, dan sasaran fisik yang menjadi sasaran program TMMD ke-117 tahun 2023 di Gp. Sukajadi Kebun Ireng, Langsa Lama.

Hadir, Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, SH, Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. selaku Dansatgas TMMD ke-117 TA 2023, Kapolres Langsa, Kajari Langsa, unsur Forkopimda dan undangan.(Hi)

error: Content is protected !!
banner 728x250