banner 728x250

Peringati HUT Ke – 55, BPJS Kesehatan Samarinda Gelar Apel Pagi

IMG-20230715-WA0010
IMG-20230715-WA0011
IMG-20230715-WA0013
IMG-20230715-WA0015
IMG-20230715-WA0014
IMG-20230715-WA0012

SAMARINDA – Memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT) Ke – 55 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Samarinda menggelar apel pagi yang berlangsung di Halaman Kantor Ex.BPJS Kesehatan di Jalan Sentosa No.16, pada Sabtu (15/07/2023).

” Kita patut bersyukur, karena pada hari yang berbahagia ini, kita dapat memperingati HUT BPJS Kesehatan ke -55 dengan penuh suka cita, tepat pada 55 tahun yang lalu pula, pada tanggal 15 Juli, tonggak sejarah terbentuknya program jaminan kesehatan telah dimulai dengan berdirinya Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan ( BPDPK),” tegas Kepala BPJS Kesehatan Samarinda Yerry Gerson Rumawak saat menyampaikan pidato kelembagaan Dirut BPJS Ali Ghufron Mukti.

Apel pagi yang mengusung tema ” Tranformasi mutu layanan komitmen bersama demi kesejahteraan Bangsa” di ikuti oleh seluruh jajaran dilingkungan Kantor BPJS Kesehatan Samarinda, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda dr Ismed Kosasih mewakili Walikota Samarinda, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Samarinda, Perwakilan Disdukcapil Kota Samarinda, Perwakilan Dinas Sosial Kota Samarinda, Perwakilan Dinasc Kesehatan Provinsi Kaltim, Perwakilan RS.AWS, dan Perwakilan Puskesmas Faskes terdekat.
Pada rangkaian apel, turut diserahkan pula piagam penghargaan bagi para karyawan dengan masa kerja 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun serta 25 tahun.

Acara apel pagi di tutup dengan sesi pemotongan tumpeng yang di lakukan oleh Kepala BPJS Samarinda didampingi Kadis Kesehatan Samarinda.

Kepada insan pers Yerry Gerson Rumawak menjelaskan tagline BPJS Kesehatan yakni mudah – cepat dan setara, yang menurutnya merupakan sejarah panjang, dari BPJS Kesehatan memberikan pelayanan terbaik.

“Dengan berbagai perjalanan, bagaimana kita memberikan kualitas pelayanan dan mutu yang terbaik kepada peserta JKN, baik pelayanan Administrasi di BPJS Kesehatan, setara itu tidak ada diskriminasi, tidak lagi itu adalah orang kaya dan ini orang miskin, semua mempunyai hak yang sama , dapat pelayanan yang sama, dapat perlakuan yang sama , mendapat doktor spesialis dan subspesialis,” terangnya.

Selanjutnya yang dimaksud Cepat menurut Gerson dalam mengakses layanan, karena dibutuhkan bagi yang darurat kalau sudah tersistem dengan baik tepat waktu yang harus dilayani maka akan cepat dilayani.

” Ya tidak dengan mengurangi kualitas, artinya ketiga tagline tadi memberikan arah bagi kami seluruh duta BPJS Kesehatan dimana saja berada diseluruh indonesia melakukan hal yang sama,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kosasih menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada BPJS Kesehatan yang ke – 55, dan berharap terus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Keberadaan BPJS Kesehatan menjadi mitra yang sangat baik dalam pelayanan kesehatan bagi Pemerintah Kota Samarinda, bahkan telah mencapai Universal Healt Coverage (UHC).

” Kami dari pemerintah memberikan komitmen dengan pencapaian UHC , dengan penduduk Samarinda dengan jumlah penduduk hampir delapan ratus ribu, kita sudah mencapai UHC 99,8 persen,” jelasnya.

Menurut Ismed dengan pencapaian UHC ini sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sehingga berdampak terhadap minimnya keluhan.
” Ya, kalaupun ada saya lihat dari BPJS Kesehatan , langsung cepat dan tanggap melakukan perbaikan, terutama, saya melihat faskes yang primer atau yang bekerjasama dengan rumah sakit sudah melakukan yang terbaik,” jelasnya.

Kesehatan ini menjadi salah satu dari tujuh pelayanan dasar dan ini sudah tersistem secara nasional maka pemerintah kota Samarinda mengikuti sesuai dangan yang diamanahkan.

” Tinggal masalah dilapangan , masalah dari kasus – perkasus yang kita harus lihat dan itu sifatnya adalah kasuistik , jadi secara umum apa yang sudah diberikan BPJS Kesehatan itu maksimal melalui faskes-faskes dirumah sakit, puskesmas, dokter klinik dan sebagainya ,” pungkasnya. ( M@n)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250