banner 728x250

Betaria Magdalena : Pentingnya Sinergritas Pemkab dan Legislatif Kutai Kartanegara dalam Rancangan Prioritas Pembangunan APBD-P 2023

SAMARINDA –  Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar), Betaria Magdalena memberikan tanggapan terhadap Rancangan Prioritas Pembangunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2023 dan Rencana Kerja Tahun 2024.

Ditemui disela – sela Istirahat Sholat dan Makan ( Ishoma) di hotel Mercure Samarinda, wanita yang akrab disapa Ita ini menjabarkan sejumlah pembahasan yang dilakukan Komisi II DPRD Kabupaten Kukar terhadap Rancangan Prioritas Pembangunan APBD-P 2023 dan Rencana Kerja Tahun 2024 yang dilaksanakan pada (9-10 Juli 2023) lalu.
“Karena saya di Komisi II yang membidangi 7 OPD termasuk salah satunya investasi, keuangan, pariwisata, serta PDAM,” ucapnya.

Secara spesifik salah satu putri terbaik Kalimantan Timur Asli kelahiran Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara ini pun memaparkan hasil pertemuannya bersama sejumlah Dinas rerkait.

“Kita membahas pembangunan yang bisa kita lakukan dalam waktu pendek kan perubahan ini ya, tahun anggaran yang prioritas,” lanjutnya.

Diantaranya prioritas pembangunan di bidang ekonomi otomatis membicarakan kemampuan keuangan kita untuk membangun atau membantu
Semisal seperti masyarakat di Hulu kalau ada musibah bencana alam, bagaimana tanggung jawab Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membantu memprioritaskannya.

Ternyata didalam memberikan bantuan ini akan dilihat oleh OPD tersebut apakah masuk status darurat kah atau tanggap darurat, kalau mengenai bantuan nominalnya mereka akan menurunkan tim verivikasi lagi dilapangan.

“Semisal di Zona 6 yakni Kota Bangun hingga Tabang terjadi kebanjiran dan menenggelamkan rumah sampai mencapai atap, kemudian terjadi selama satu minggu, itu musibah bencana alam yang rutin terjadi hampir setiap tahun,” jelasnya.

Berikutnya bilamana terjadi musibah tanah longsor hingga menyebabkan jalan atau jembatan terputus, maka akan diambil tindakan cepat dari pihak terkait sehingga musibah tersebut dapat diatasi.

” Itu juga akan diidentifikasi terlebih dulu oleh tim dilapangan, apakah tergolong daruratkah atau tanggap darurat. Sehingga apakah kondisi tersebut mengganggu perputaran ekonomi di pedalaman dan perlu adanya tindakan,” lanjutnya.

Selain itu apabila terjadinya kelangkaan sembako, contohnya seperti saat kelangkaan gas LPG 3 kg, dimana hal tersebut sangat dirasakan bukan hanya masyarakat di kabupaten saja namun masyarakat pedalaman saat ini, karena mereka sudah bergantung dengan menggunakan gas LPG apalagi ada subsidinya dari pemerintah, yang sedikit meringankan masyarakat pedalaman atau petani.

“Sehingga kalau mereka ingin masak dadakan, sementara kayu api pun susah karena perlu waktu pengeringannya,” ucapnya.

Selanjutnya membahas mengenai PDAM, masyarakat Kutai Kartanegara belum semua apalagi di pedalaman mendapatkan aliran air bersih, masih bergantung kepada sungai – sungai terdekat.
Di Zona 6, masyarakat hulu di kembang janggut saat ini sudah mendapatkan aliran air bersih dan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kukar ada tarif pembayaran setiap bulan.

Masih banyak desa lainnya yang belum merasakan aliran air bersih contoh seperti desa Ritan Lutung hingga kini belum ada air bersih yang layak, sehingga insiatif masyarakat yang memiliki biaya membuat sumur bor, namun bagi masyarakat yang tidak mampu akhirnya mengunakan air Sungai Belayan untuk dikonsumsi.

“Ini sangat kasihan sementara dampak lingkungannya itu kan ada perusahan sawit , tambang sangat bahaya sebenarnya, kalau berbicara kesehatan,” ungkapnya .

Ini lah yang menjadi tugas kita semua para legislatif Bagaimana mengawasi dan tepat sasaran. Tidak mungkin kita mengesahkan atau memparipurnakan anggaran yang belum kita ketahui arah dan tujuannya.

“Diketahui APBD – P tahun 2023 ini diperkirakan sebesar 2,8 Triliyun, dan ini harus di kelola dan diawasi , maka perlu adanya sinergritas pemerintah Kukar bersama legislatif sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250