banner 728x250

Bea dan Cukai Pangkalpinang Gelar APBN Week 2023, Mengangkat Kesadaran Ekonomi di UBB

IMG-20230807-WA0033
IMG-20230807-WA0032
IMG-20230807-WA0034
IMG-20230807-WA0035
IMG-20230807-WA0031

PANGKALPINANG — Guna meningkatkan literasi keuangan dan kesadaran ekonomi, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Pangkalpinang menggelar APBN Week 2023 di Universitas Bangka Belitung (UBB), Senin (7/8/2023).

Acara yang juga diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dibuka dengan sambutan hangat dari Dr. Devi Valeriani, S.E., M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi UBB.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman menyeluruh tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta peran yang signifikan dari Kementerian Keuangan dalam pengelolaannya.

Devi Valeriani menyoroti pentingnya pengetahuan keuangan bagi para mahasiswa/mahasiswi dan mengucapkan rasa terima kasih atas kolaborasi dengan Kementerian Keuangan dalam menyelenggarakan acara edukatif ini.

Setelah sambutan Dekan, acara resmi dibuka oleh Edih Mulyadi, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bangka Belitung ini menyampaikan paparan mendalam mengenai dasar-dasar APBN, memberikan pemahaman yang jelas tentang komponen dan fungsi APBN.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kantor Bea dan Cukai Pangkalpinang, Mochammad Munif menjelaskan mengenai peran penting Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam pengelolaan APBN.

Presentasinya yang penuh wawasan memberikan gambaran tentang bagaimana Kantor Bea dan Cukai berkontribusi pada kesejahteraan keuangan negara.

Sebagai tanda penghargaan atas kerjasama antara Kementerian Keuangan dan Universitas Bangka Belitung, momentum istimewa disediakan untuk penyerahan plakat penghargaan dari Kementerian Keuangan kepada universitas.

Plakat tersebut melambangkan apresiasi pemerintah atas dedikasi universitas dalam mendukung pendidikan keuangan dan menciptakan generasi yang peduli pada ekonomi.

Momen puncak acara adalah sesi tanya jawab yang menarik, memungkinkan para mahasiswa/i yang antusias untuk berinteraksi langsung dengan para narasumber terkemuka.

Pertukaran pertanyaan dan diskusi memperkaya pemahaman tentang APBN dan peran Kementerian Keuangan dan Kantor Bea dan Cukai.

Dengan penuh semangat, APBN Week 2023 berhasil mengangkat kesadaran ekonomi di kalangan mahasiswa/mahasiswi, mencerahkan mereka tentang alokasi anggaran pemerintah dan peran sektor Bea dan Cukai.

Kolaborasi antara Kementerian Keuangan dan Universitas Bangka Belitung telah memberikan contoh terpuji dalam upaya pendidikan keuangan untuk masa depan ekonomi yang lebih cerah. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250