banner 728x250
Langsa  

Universitas Samudra (UNSAM) Berikan Pelatihan pada Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Pencegahan Kekerasan

LANGSA – Fenomena kekerasan yang melibatkan usia remaja semakin mengkhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, masa remaja dianggap sebagai kunci penting dalam upaya pencegahan kekerasan di masyarakat.

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Universitas Samudra melalui Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LPPM dan PM) menggelar acara pelatihan pengembangan media pembelajaran pencegahan kekerasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, serta memberikan para guru alat yang efektif dalam mengatasi dan mencegah kekerasan di kalangan siswa.

Pelatihan ini berlangsung di SD Al Washliyah Langsa pada hari Senin (14/08/2023) dan dihadiri oleh para guru dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Al Washliyah Kota Langsa. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Muhammad Febri Rafli, Alpidsyah Putra, Cut Utia Rahmi, dan Asmaini Br Berutu.

Muhammad Febri Rafli, salah satu narasumber, mengungkapkan bahwa salah satu cara efektif dalam upaya pencegahan kekerasan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan informatif.

Alpidsyah Putra, narasumber lainnya, menambahkan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi para pendidik karena dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu mencegah kekerasan di lingkungan sekolah.

Peserta pelatihan juga mendapatkan panduan langsung dari Cut Utia Rahmi dan Asmaini Br Berutu dalam mengembangkan media pembelajaran pencegahan kekerasan. Mereka memanfaatkan aplikasi Canva Education untuk menciptakan materi yang menarik dan interaktif guna mengedukasi siswa tentang bahaya kekerasan dan cara mencegahnya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru akan lebih siap dan terampil dalam mengatasi serta mencegah kekerasan di kalangan siswa, sehingga lingkungan sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan mendukung perkembangan positif siswa.(hi)

error: Content is protected !!
banner 728x250