banner 728x250

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Jajaran Ikuti Upacara dan Syukuran HUT Kemenkumham ke-78

IMG-20230821-WA0033
IMG-20230821-WA0032
IMG-20230821-WA0034
IMG-20230821-WA0035

PANGKALPINANG –Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ke-78 Tahun 2023, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti dan melaksanakan Upacara Bendera, Senin (21/08/2023).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Harun Sulianto menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan yang berlangsung di Kanwil Kemenkumham Babel.

Sementara, Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin bertindak sebagai Perwira Upacara, Pembaca Sejarah Singkat yaitu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini, serta Komandan Upacara Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Nur Bambang Supri Handono.

Upacara ini juga diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Babel dan perwakilan pegawai Unit Pelaksana Teknis di wilayah Kota Pangkalpinang.

Membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Prof. Yasonna H. Laoly, Kakanwil menyampaikan, tema yang diusung pada peringatan HUT Kemenkumham tahun 2023, yaitu “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju”.

“Ini dapat dimaknai sebagai upaya merefleksikan semangat kita, segenap Insan Pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas,” ujar Harun Sulianto.

Disampaikan Harun, Kemenkumham berhasil meraih kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran, nomor 2 dari total 84 Kementerian/ Lembaga, serta mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 4 Agustus 2023 lalu, yang ke-14 kali.

Selain itu, Kemenkumham juga menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas Sinergitas Pengadaan Calon ASN dan Tata Kelola Sekolah Kedinasan yang informatif. Dalam hal komunikasi publik, Kemenkumham juga berhasil meraih penghargaan sebagai badan publik yang informatif.

“Hal ini menunjukkan bahwa Kemenkumham transparan dalam hal keterbukaan informasi,” kata Harun.

Kemenkumham juga telah melaksanakan program digitalisasi dalam memudahkan pekerjaan dan meningkatkan pelayanan publik yang semakin berkualitas.

“Kemenkumham menerima penghargaan penerapan layanan Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atas 26 layanan publik yang dimiliki,” ucapnya.

Menkumham Yasonna juga berpesan kepada seluruh jajaran Kemenkumham untuk mempersiapkan transisi dari pandemi menuju endemi dengan tetap disipilin dengan protokol kesehatan; selesaikan tahun anggaran 2023 dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat; dan persiapkan lebih baik Rencana Kerja (Renja) tahun 2024 dengan tema “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

“Tetaplah cermat dalam bekerja, teruslah saling mengingatkan untuk selalu taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan; dan jaga netralitas Aparatur Kemenkumham demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya saat ini memasuki tahun politik dan pelaksanaan Pemilu di tahun 2024,” ujar Harun meneruskan pesan Menkumham.

Pada HUT Kemenkumham Tahun 2023 ini, Kementerian Hukum dan HAM RI juga berhasil mendapatkan 2 Piagam Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia atas Rekor Donor Darah secara Estafet oleh ASN Terbanyak dari Satu Kementerian/ Lembaga. Serta atas Rekor Layanan Paspor Serentak oleh Kantor Imigrasi Terbanyak pada Akhir Pekan.

Sedangkan pada Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dilaksanakan juga Upacara Peringatan yang sama dengan Kepala Subbagian Tata Usaha, Mulya Nopriansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Kasi Giatja, Ade Saputra selaku Perwira Upacara, dan Kasubsi Keamanan, Dedy Nopriadi selaku Komandan Upacara.

Adapun tema yang diusung dalam Peringatan Hari Lahir Kemenkumham Tahun 2023 ini, yaitu “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju”, yang mana tema tersebut dimaknai sebagai upaya merefleksikan semangat dari seluruh Insan Pengayoman dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa.

Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM ke 78 Tahun 2023.

“Tema yang diusung pada peringatan Hari Kemenkumham tahun ini yaitu “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju” dapat dimaknai sebagai upaya merefleksikan semangat kita, segenap Insan Pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas,” ujar Menkumham.

Selepas pelaksanaan Upacara pukul 11.00 wib s.d Selesai, dilakukan Kegiatan Syukuran dan Tasyakuran Peringatan Hari Lahir Kemenkumham Ke-78 yang diikuti secara virtual dari Ruang Gallery Lapas Narkotika Pangkalpinang oleh dipimpin langsung oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Nur Bambang Supri Handono beserta seluruh jajaran. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250