banner 728x250

Akabri 89 di Babel Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Obati Ratusan Pasien

IMG-20230826-WA0010
IMG-20230826-WA0011

PANGKALPINANG – Dua orang Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Tahun 1989 yang kini bertugas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Kapolda dan Kepala Badan Narkotika Nasional meninjau pelaksanaan Kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Babel, Sabtu (26/8/2023).

Tak hanya itu saja, Dua Altar 89 ini, yaitu
Kapolda Babel Irjen Pol Drs. Yan Sultra dan Kepala BNNP Babel Brigjen Pol Drs. Isnaeni Ujiarto, MSi juga menyerahkan sebanyak 889 paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan dan memberikan pengobatan gratis bagi 589 orang pasien.

Kapolda, Kepala BNNP yang juga dihadiri Forkopimda Babel, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, perwakilan Korem 045/Gaya, Danlanal Babel dan perwakilan Lanud Babel berkesempatan untuk dialog interaktif dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda mengatakan bahwa kegiatan Baksos dan Bakkes ini digelar dalam rangka 34 tahun pengabdian Akabri 1989 (Alumni Lembah Tidar/Altar 1989).

“Acara ini adalah acara pengabdian altar 89 TNI-Polri, alumni 89 Akabri. Kebetulan di Bangka Belitung ini hanya kami berdua, saya sendiri dan juga kepala BNNP Brigjen Pol Isnaeni Ujiarto,” kata Irjen Pol Yan Sultra.

Kegiatan Bakkes dan Baksos Akabri 89 ini secara terpusat berlangsung di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) dan dilaksanakan juga di 7 Polda termasuk Babel, Kaltim, Sulut, Sulbar, Gorontalo, NTB dan NTT.

Kemudian 1 Kodam (Kodam XIV Hasanudin, Makassar), serta 3 Koarmada (Koarmada 1 Bintan-Kepri, Koarmada 2 Surabaya dan Koarmada 3 Sorong).

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk membantu masyarakat dan memberi bantuan sosial. Ini memperingati 34 tahun pengabdian kami acara ini kami selenggarakan di Rumah Sakit Bhayangkara dan juga melibatkan kamu TNI-Polri yang ada di Bangka.Belitung ini,” ungkap Yan.

Kegiatan tersebut meliputi operasi gratis diantaranya dari 16 orang peserta peserta Operasi Katarak, tujuh orang Operasi Bedah Minor, Tumor Jinak, benjolan kecil non kanker dan disediakan pula Poli Gigi.

Sebanyak 50 anak mengikuti khitanan massal, 516 pasien mengikuti pengobatan gratis dan total pelayanan kesehatan sebanyak 589 orang.

“Kami dalam pengobatan massal ini menyiapkan 21 tenaga dokter yang meliputi enam dokter spesialis diantaranya spesialis penyakit dalam, bedah anak, kebidanan, kandungan, THT serta kulit dan kelamin. Dokter umum ada 15 orang, dokter gigi ada dua orang, tenaga kesehatan 90 orang. Semuanya dokter dan tenaga kesehatan berasal dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah juga ada dari Puskesmas,” jelas Jenderal Bintang Dua ini.

“Kami juga melaksanakan bakti sosial dengan menyiapkan 889 paket sembako yang nanti akan dibagikan kepada seluruh pasien yang datang,” sambungnya.

Oleh sebab itu, Kapolda juga mengucapkan terima kasih atas peran serta para Babinsa, Babinkamtibmas yang telah memboyong warga di desa binaannya untuk mengikuti kegiatan ini.

Tak lupa juga ucapan terima kasih dihaturkan Kapolda kepada seluruh masyarakat yang menyemarakkan acara ini.

“Terima kasih pak Babinsa, Babinkamtibmas yang sudah membawa masyarakatnya ke sini karena merekalah yang milih warganya membawa ke sini, dijemput dan juga nanti diantar pulang,” ucap Yan.

Kapolda menegaskan bahwa kegiatan bakti kesehatan berupa pengobatan tersebut tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

“Jadi, semua pengobatan di sini gratis dan kami dari Altar 89 siap membantu karena ini memang program kami untuk membantu masyarakat terutama untuk kesehatan masyarakat yang datang pada pagi hari ini. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” pungkas Yan. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250