banner 728x250

Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang dan Jajaran Berkomitmen Terus Gelorakan Berita-berita Positif

IMG-20230911-WA0002
IMG-20230911-WA0004
IMG-20230911-WA0003
IMG-20230911-WA0002
IMG-20230911-WA0001
IMG-20230911-WA0000

JAKARTA – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang (Lapas Pangkalpinang), Badarudin bersama Staf Humas, Kiki Prasanjaya mewakili Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Babel hadiri Undangan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dalam kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan di Novotel Mangga Dua Jakarta, 6 – 8 September 2023.

Selain Kalapas dan staf, kegiatan dengan tema “Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan, Bangun Citra dan Reputasi Positif Pemasyarakatan untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia PASTI”, ini juga diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, Sahata Marlen Situngkir.

Kegiatan juga diikuti secara langsung oleh Pimpinan Tinggi Ditjenpas, Kadivpas se-Indonesia, 57 Kepala UPT Pemasyarakatan percontohan dan tim humasnya, serta diikuti UPT Pemasyarakatan se-Indonesia secara virtual.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga.

“Isu-isu krisis Pemasyarakatan berpotensi besar menggoyahkan kepercayaan publik terhadap Pemasyarakatan. Bahkan, berpengaruh terhadap citra dan reputasi Pemasyarakatan. Kita tidak bisa menghindari adanya pemberitaan negatif tentang Pemasyarakatan, apalagi tren viral dari platform media sosial,” ujar Reynhard dalam keterangan resminya yang diterima trasberita.com, Senin (11/9/2023).

Ia menuturkan, sepanjang tahun 2023 berlangsung, terdapat 103.954 berita positif pemasyarakatan yang telah terpublikasi melalui media. Namun demikian, masih terdapat 2.478 berita negatif yang telah beredar di masyarakat yang dapat memantik krisis komunikasi di pemasyarakatan.

“Saya berikan apresiasi untuk seluruh jajaran pemasyarakatan yang tak lelah mempublikasikan berita positif pemasyarakatan, khususnya pemangku fungsi kehumasan di seluruh satuan kerja. Kita patut bersyukur dan berbangga hati kinerja positif kita semakin disadari dan dipahami masyarakat. Namun, masih adanya berita negatif menjadikan kita punya tanggung jawab untuk berkinerja baik dan mampu melakukan komunikasi pada situasi krisis,” tutur Reynhard.

Senada juga disampaikan oleh Kalapas Pangkalpinang bahwasanya informasi yang dibagikan kepada masyarakat umum khususnya dalam keadaan krisis, penting sebagai bagian dari perluasan sudut pandang yang harus diketahui masyarakat dari sisi Pemasyarakatan.

“Humas bertugas untuk mampu menyampaikan informasi penting mengenai organisasi kepada publik, khususnya berkaitan dengan isu-isu yang sedang berkembang maupun program pembinaan yang diselenggarakan. Informasi yang disampaikan diharapkan dapat membuat publik memahami dari sudut pandang organisasi kita,” ujarnya.

Dengan begitu, Badarudin berkomitmen akan terus menggelorakan berita-berita positif untuk organisasi Pemasyarakatan khusus Lapas Pangkalpinang agar tetap hidup di tengah keterbukaan informasi seperti saat ini. (bai)

error: Content is protected !!
banner 728x250