banner 728x250
Langsa  

Pj Walikota Langsa dan Forkompinda Berkomitmen untuk Meningkatkan Kesejahteraan di Pulau Terluar Teulaga Tujoh

LANGSA   – Dalam sebuah kunjungan bersejarah, Penjabat (Pj) Walikota Langsa, Syaridin S.Pd., M.Pd, beserta unsur Forkompinda, berlayar ke pulau terluar Gampong Teulaga Tujoh (Pusong) Kecamatan Langsa Barat, yang berjarak sekitar 8 kilometer dari daratan Kota Langsa, Sabtu (16/9/2023).

Rombongan yang dipimpin oleh Pj Walikota Langsa disambut dengan tulus oleh Geuchik Teulaga Tujoh, Irwansyah. Turut hadir dalam rombongan tersebut adalah Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol. Inf. Tri Purwanto, S.I.P., Asisten I, Suriyatno AP., MSP, kepala Dinas Sosial, Armia SP, kepala Dinas Perhubungan, Bambang Suriansyah, kepala BPBD, Nursal Syahputra S.STP, kepala BPKD, Khairul Ichsan S.STP, Kabag Prokopim, Muzammil, Plt Kabag Umum, Rizky Julianda, Sekretaris Camat Langsa Barat, Rudi, Danpos AL, Kasat Airud, dan Danramil Langsa Barat.

Misi kunjungan ini adalah untuk memahami secara mendalam kondisi kehidupan masyarakat Teulaga Tujoh dan mendengarkan aspirasi mereka. Salah satu isu utama yang mendapat perhatian besar dari Pj Walikota adalah masalah abrasi yang terus merusak daratan pantai.

Pj Walikota Langsa menyampaikan, kondisi desa ini memiliki 487 keluarga dengan jumlah penduduk mencapai 1.807 jiwa. “Apa yang sangat dibutuhkan oleh warga setempat saat ini adalah solusi terhadap abrasi yang mengancam desa mereka. Luas daratan desa ini yang awalnya mencapai 36 hektar, kini tinggal 12 hektar,” ujar Pj Walikota.

Selain masalah abrasi, masyarakat Teulaga Tujoh juga menghadapi kesulitan dalam akses air bersih. Ketergantungan pada pasokan air dari kota menjadi tantangan. Pj Walikota mengusulkan pembangunan sejumlah sumur bor untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

“Kita juga berkomitmen untuk memecahkan masalah penyediaan air bersih sebagai sumber kehidupan, baik untuk konsumsi maupun kebutuhan lainnya. Kami sedang mencari solusi dengan mempertimbangkan pembangunan sumur bor jika ada sumber air yang memungkinkan,” ujarnrnya.

Pemerintah Kota Langsa bertekad memprioritaskan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Teulaga Tujoh dan memastikan kesetaraan dalam pembangunan di desa ini.

Pj Walikota menyimpulkan, kunjungan ini adalah langkah awal yang penting dalam memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat di pulau terluar ini. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pembangunan mencapai semua wilayah Kota Langsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Teulaga Tujoh,” kata dia.

Kunjungan ini tidak hanya menguatkan hubungan antara pemerintah dan masyarakat pulau terluar, tetapi juga merupakan langkah maju menuju kesejahteraan yang lebih baik bagi warga Teulaga Tujoh dan seluruh Kota Langsa. (hi)

banner 728x250

banner 728x250

error: Content is protected !!
banner 728x250