banner 728x250

Tito Karnavian secara Virtual Melaporkan Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

KOTA BEKASI – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Tito Karnavian melakukan, secara virtual terkait Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah. Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad, ikut langsung dalam Rakor usai melaksanakan Apel. Senin pagi, bertempat di Ruang Command Center Pemerintah Kota Bekasi, Senin (25/09/23).

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, diikuti oleh Kota dan Kabupaten se- Indonesia rutin dilaksanakan, setiap minggunya untuk update perkembangan langkah-langkah monitoring, evaluasi yang ditempuh sebagai implementasi pengendalian serta pencegahan inflasi.

Dalam rakor tersebut, dilaporkan bahwa, sampai dengan minggu ketiga di bulan September 2023, terjadi kenaikan harga Beras dan Gula Pasir, untuk itu pimpinan Rakor yakni Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah untuk lakukan distribusi Beras dan Gula Pasir secara merata.

“Segera distribusikan beras dan gula pasir kepada masyarakat secara massive dan merata, gencarkan juga Bazaar Pangan Murah di wilayah yang menyediakan berbagai bahan pokok, pastikan stock bahan pangan selalu tersedia, dan lakukan evaluasi secara terus menerus hingga dapat hasil yang terbaik, inflasi menurun, kebutuhan masyarakat terpenuhi,” ujar Mendagri.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri juga menyampaikan beberapa arahan Presiden Joko Widodo terkait pengendalian inflasi. Mendagri Tito menyampaikan, pesan presiden adalah lakukan optimalisasi APBD, lakukan juga penguatan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produktifitas pertanian, integrasikan data juga stock neraca pangan daerah, lakukan penguatan infrastruktur serta rantai pasok untuk distribusi, sinergikan koordinasi kebijakan pengendalian inflasi.

Menanggapi arahan-arahan tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhammad menuturkan, bahwa akan bekerja bersama Perangkat Daerah terkait guna optimalkan langkah-langkah pengedalian inflasi.

“Semua arahan dalam Rakor tersebut akan segera dikoordinasikan, dikerjakan bersama Kedinasan terkait juga akan disusun langkah-langkah solutif, ntuk menghadapi kenaikan harga Beras dan Gula Pasir, agar kebutuhan pokok masyarakat tetap tersedia supaya terpenuhi, serta dapat terjangkau oleh khalayak,” pungkas Pj. Wali Kota Bekasi. (Wan/Fth/Uung)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250