banner 728x250
Berau  

Dukungan Pendidikan dan Literasi: PT Berau Coal dan Prestasi Perpustakaan SMAN 6 Berau serta Kampung Maluang

IMG-20230926-WA0001
IMG-20230926-WA0000

BERAU – Prestasi membanggakan telah diraih oleh SMA Negeri 6 Berau. Sekolah yang terletak di Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur ini berhasil meraih Juara II dalam Lomba Perpustakaan Nasional, sebuah pencapaian luar biasa yang mengangkat nama sekolah dan daerahnya.

Tidak hanya itu, Perpustakaan Sanggam, Kampung Maluang juga meraih prestasi luar biasa sebagai Juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kampung Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023.

Keberhasilan ini tak lepas dari peran aktif semua pihak yang telah berkontribusi. Salah satu yakni pendampingan yang dilakukan oleh PT Berau Coal melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) dalam pilar pendidikan. Program ini telah berjalan secara berkelanjutan dan telah berkontribusi terhadap prestasi yang diraih.

Kepala Perpustakaan SMAN 6 Berau, Fina, dengan bangga menyampaikan bahwa perpustakaan di bawah pengawasannya sebelumnya telah berhasil meraih gelar perpustakaan sekolah terbaik tingkat provinsi tahun 2023. Kemudian mereka juga berhasil menyabet Juara 2 dalam klaster II Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2023.

Fina menjelaskan bahwa Lomba Perpustakaan Nasional ini menilai transformasi yang dilakukan oleh perpustakaan sekolah, serta implikasinya terhadap kurikulum sekolah, pengembangan minat bakat siswa, dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sekolah. Keberhasilan ini adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras semua pihak yang telah bersatu untuk mencapai prestasi tersebut.

“Tentu saja ini merupakan hasil kerjasama seluruh civitas SMAN 6 Berau dengan berbagai stakeholder di antaranya Pemkab Berau, Pemprov Kaltim, ATPUSI Berau, serta peran PT Berau Coal. Oleh karena itu, kami ucapkan banyak terima kasih, semoga kita dapat terus bersinergi bersama,” kata Fina.

Kepala Kampung Maluang, Usnadi, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih oleh Kampung Maluang. Perpustakaan mereka yang bernama Sanggam berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kampung Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023.

“Alhamdulillah kita mendapat juara 1 sebagai pemenang lomba peningkatan literasi masyarakat dan kepustakawanan tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023,” ujar Usnadi.

Usnadi tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian ini. “Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bupati Berau, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Camat Gunung Tabur, PT Berau Coal bersama mitra kerjanya, dan seluruh warga Kampung Maluang yang antusias mengembangkan perpustakaan kampung ini,” tambahnya.

Mariani, Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Berau, menyambut dengan gembira prestasi yang diraih oleh SMA 6 Berau dan Kampung Maluang. Ia mengatakan bahwa prestasi ini adalah hasil dari kerjasama yang erat antara semua pihak, termasuk stakeholder yang telah mendukung dengan baik.

“Harapannya, capaian kami ini dapat memotivasi perpustakaan sekolah dan perpustakaan kampung lainnya untuk terus bertransformasi dan beprestasi, serta jadi pemacu bagi para stakeholder untuk terus mendukung kegiatan pengembangan perpustakaan yang ada di Kabupaten Berau,” kata Mariani.

Mariani juga mengungkapkan bahwa ATPUSI akan terus berkomitmen dalam membantu sekolah-sekolah yang belum terakreditasi atau sedang berjuang untuk meningkatkan kualitas perpustakaan mereka. Mereka akan melaksanakan pembinaan perpustakaan sekolah dan kampung serta merancang program-program berkelanjutan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Salah satu program yang disebutkan adalah “Bedah Perpustakaan Sekolah,” yang ditujukan untuk perpustakaan sekolah piloting di setiap wilayah. ATPUSI berterima kasih kepada PT Berau Coal yang telah menjadi pendukung program ini sejak tahun 2017 dan berkomitmen untuk mengembangkan literasi di Bumi Batiwakkal.

Rudini, Corporate Communication Superintendent PT Berau Coal, juga mengungkapkan komitmen kuat perusahaan dalam mengembangkan pendidikan dan literasi di Kabupaten Berau. Prestasi yang diraih oleh SMAN 6 Berau dan Kampung Maluang adalah bukti nyata dari keberhasilan program pendampingan PPM PT Berau Coal.

Rudini menambahkan, pendidikan dan literasi memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, Berau Coal akan terus mendukung upaya sekolah dan kampung binaannya dalam mengembangkan pendidikan dan literasi.

“Apa yang diraih oleh SMAN 6 Berau dan Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang merupakan prestasi yang luar biasa, kami turut bangga dapat bersinergi dengan baik selama ini. Dan kami harapkan hal ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah dan kampung lainnya,” tutup Rudini. (*)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250