banner 728x250

Kanwil Kemenkumham Sulsel Saksikan Pelantikan Pejabat Pimpinan Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama Kemenkumham RI Secara Daring

IMG-20230926-WA0001
IMG-20230926-WA0002

MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) dalam kesempatan ini menyaksikan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama di lingkungan Kemenkumham RI, bertempat di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Senin (25/09).

Dalam pelantikan ini, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengucapkan selamat kepada para pimpinan tinggi pratama dan pejabat fungsional ahli utama yang baru saja dilantik hari ini. “Saya yakin bahwa para pejabat yang baru dilantik mampu menggerakan gerbong organsiasi Kemenkumham yang dipimpinnya dan menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab. Terus menunjukan kinerja yang lebih baik dengan segenap kerendahan hati dan ketulusan serta tetap menjaga lolaylitas integritas dan dedikasi yang tinggi,” kata Yasonna.

Lanjut Yasonna, pengangkatan jabatan pimti pratama ini merupakan hasil dari pelaskanaan manajemen talenta yang telah mendapatkan rekomendasi dari komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai bagian dari implementasi pola pembinaan organsiasi dan pembinaan karir pegawai untuk lebih mendinamiskan kinerja roda orgasiasi, serta terus menghasilkan kualtias yang lebih baik dan optimal.

“Dalam rotasi jabatan, mutasi dan promosi adalah hal yang biasa dalam dinamika orgnasiasi sebagai tour of area and tour of duty. Mutasi dan promosi ini juga sebagai bentuk kepercayaan dan kehormatan yang harus dijunjung tinggi dan diterima dengan segala keikhlasan dan rasa syukur. Amanah yang diberikan dapat menjadi pemicu semangat dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas sehingga melahirkan gagasan-gagasan baru untuk lebih meningkatkan pelaksanan tugas dan kinerja organisasi,” ujar Yasonna.

Kemudian, Yasonna meminta para pejabat yang mendapat jabatan baru ini untuk segera melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan melakukan gerakan-gerakan cepat sehubungan akan memasuki tahapan baru pada pemerintahan yang akan datang. “Dalam hal ini, tensi politik akan tinggi sehingga saudara harus sigap dan tidak melupakan tugas dan fungsi pelayanan pbulik untuk terus ditingkatkan lebih baik lagi,” pinta Yasonna.

“Saudara juga diarahkan untuk memantapkan dan mematangkan wawasan kepemimpinan serta kemampuan manajerial pemimpin. Tunjukan kinerjamu di kemudian hari,” sambung Yasonna.

Yasonna jelaskan jabatan pimpinan tinggi pratama ini memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur orgasnaisi pemeritnahan. Jabatan baru ini diharapkan dapat menjembatani dan mengoperasionalkan program pimpinan Kemenkumham.

Yasonna ungkapkan, perubahan yang cepat dan lingkungan harus diantisipasi dan direspon secara kriitis, kreatif dan invoatif. Untuk itu, Kemenkumham senantiasa menjadi learning organization yang bersifat adaptif untuk membangun kekuatan dalam menjawab tantangan perubahan. “Sikap saling mendukung dan bersinergi untuk kepentingan bersama disertai keyakinan, optimisme, kesabaran, dan daya tahan yang tinggi merupakan faktor yang membuat kita semakin mampu membuat terobisan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab kita,” jelas Yasonna.

Yasonna selanjutnya berpesan kepada pejabat yang baru dilantik: Jalankan tugas baru ini dengan sebaiknya, Jaga nama baik Kemenkumham dimanapun saudara ditugaskan, Junjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam tata nilai PASTI, Pegang teguh profesionalitas dan integritas, dan Jangan cederai upaya membangun Kementerian ini menjadi semakin baik.

“Pimpinan harus peka terhadap setiap laporan terhadap dugaan pelanggaran kode etik perilaku pegawai maupun terhadap adanya pengaduan layanan. Lakukan pengawasan dan pembinaan secara terus menerus. Teruslah belajar untuk terus memperkaya wawasan dan pengetahuan yang saudara miliki,” lanjut Yasonna

Senada dengan diatas, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak mengatakan mutasi dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dalam rangka penyegaran dan meningkatkan kinerja organisasi.

“Mutasi ini tentunya bertujuan untuk memperkaya pengalaman, pengetahuan, dan kepemimpinan bagi para pejabat yang baru dilantik hari ini. Semoga di tempat yang baru, para pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah dan tanggung jawab,” kata Liberti.

Lanjut Liberti, sebagai perwakilan kementerian dan sekaligus perpanjangan tugas dan fungsi Unit Eselon I di provinsi, siap melaksanakan dan mendukung kebijakan para Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik demi kemajuan Kemenkumham dalam melayani masyarakat, khususnya di Sulsel.

Pada Kanwil Kemenkumham Sulsel, diketahui Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar Hernowo Sugiastanto dimutasi sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil Kemenkumham Kalbar. Kemudian, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel akan diisi oleh Yudi Suseno yang saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil Kemenkumham Aceh.

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan seluruh pegawai Kanwil. (ta)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250