banner 728x250

Kunjungan Kerja FKUB Kota Kediri ke Kota Bekasi Disambut Hangat

KOTA BEKASI – Kunjungan Kerja Jajaran Pemerintah Kota Kediri pada agenda Peran FKUB dalam kerukunan umat beragama di Kota Bekasi bertempat di ruang rapat Command Center Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani No 1, Kantor Wali Kota Bekasi, Selasa (10/10/23).

Rombongan Pemkot Kediri dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Kediri, M Ferry Djatmiko, beserta jajaran FKUB Kota Kediri diketuai HM Salim. Kunjungan diterima Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, Nesan Sujana dan jajaran, Ketua FKUB Kota Bekasi, H Abdul Manan dan para pengurus.

Kaban Kesbangpol Kota Bekasi, Nesan Sujana mengucapkan selamat datang di Kota Bekasi. Penduduk Kota Bekasi lebih dari 2.5 juta jiwa dengan luas wilayah 210 Km2, jumlah 12 Kecamatan dan 56 kelurahan. Kota Bekasi yang berhasil meraih prestasi Kota Toleran Ketiga Se-Indonesia dari Setara Institut Tahun 2022 berdasarkan indeks kota toleran, dengan data 2023 sebaran penduduk penganut agama Islam sebanyak 2.145.800 orang, agama Kristen sebanyak 202.767, Katolik sebanyak 88.944, Hindu sebanyak 29.341, Budha sebanyak 30.674, Kong Hu Chu sebanyak 4.234, dan aliran kepercayaan sebanyak 1.586 orang.

“Menjadi perhatian bersama mengenai tolerasi antar umat beragama yang terus dipelihara di Kota Bekasi. Menciptakan iklim yang kondusif antar umat beragama,” ucapnya.

Ketua FKUB Kota Bekasi, H Abdul Manan mengatakan berbagai program FKUB terus digelar dalam mendukung pemerintah mewujudkan toleransi umat beragama.

“Ada 10 program dan diantaranya deklarasi pemilu damai 18 parpol yang digelar pada 17 September lalu, dengan semangat kebersamaan guna mewujudkan pemilu damai didasari hormat menghormati antar pemeluk agama,” jelasnya.

Adapun 10 program brand FKUB Kota Bekasi yakni:
1. Kegiatan Forum Pemuda Lintas Agama (Formula)
2. Kegiatan Persaudaraan Wanita Lintas Agama (Perwala)
3. Kegiatan Dialog Ormas, Tokoh Agama (Sosialisasi)
4. Penguatan Wawasan Kerukunan Umat Beragama dan Audiensi
5. Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri (PBM) tingkat pelajar SLTA
6. Rapat Kordinasi Daerah tingkat Kota Bekasi (FKUB, MUB, Tokoh), Rakor FKUB Tingkat Jawa Barat, dan Rakornas Pemda dan FKUB
7. Sosialisasi PBM 09 dan 08 tahun 2006 tingkat kecamatan
8. Kegiatan institusional (HUT RI, HUT Kota Bekasi dan PNBK)
9. Deklarasi Pemilu Damai 2024
10. Media Center FKUB Kota Bekasi

Ketua FKUB Kota Kediri, HM Salim mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan jajaran Pemkot Bekasi. FKUB Kota Kediri hadir ke Kota Bekasi dalam studi banding penyelenggaraan kerukunan umat di Kota Bekasi yang sudah berjalan dengan baik.

“Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan serta informasi dan pengalaman dalam program pembinaan, telah dilakukan akan kami coba diterapkan di Kota Kediri. Tentu peran serta pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan umat beragama. Segala persoalan dapat diselesaikan agar umat beragama selalu rukun dan damai,” ucapnya. (goeng/Fth/Uung)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250