banner 728x250
News  

Pengabdian Kepada Masyarakat Bumi Batiwakkal oleh Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi

BEKASI – Tujuh orang Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi (PSUB) Prodi Magister PAUD tuntas menyelesaikan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi berupa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yakni “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Padlet dan Liveworksheet Untuk Guru PAUD di IGABA Kab.Berau” pada selasa, 17 Oktober 2023.

Uniknya, tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibimbing oleh Dr. Hamid Patilima, M.Si.P ini hadir secara hibrid, dimana 3 orang yang berdomisili di kabupaten Berau dapat mendampingi peserta secara offline sedangkan 4 orang lainnya hadir secara online. Yakni 2 orang dari di Papua, 1 orang dari Balikpapan, dan 1 lagi berdomisili di Halmahera. Namun hal tersebut tidak mengurangi hikmatnya acara pelatihan.


“Kegiatan ini memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan Masyarakat. .sebagai salah satu wujud dari Kerjasama kedua lembaga pendidikan ini yang meliputi (1) Pelaksanaan pendidikan; (2) Pelaksanaan Penelitian; (3) Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (4) Pelaksanaan seminar, workshop jurnal ilmiah, dan publikasi karya ilmiah; (5) Pelaksanaan kegiatan lain yang disepakati Para Pihak. Dan berlaku untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun, sejak penandatanganan,” ungkap Fitriah selaku perwakilan kampus dalam sambutan pembukaan.

Ibu Syafrina Hidayanti, S.Pd,I selaku Ketua Ikatan Guru Bustanul Athfal (IGABA) kabupaten Berau dalam sambutannya menyambut baik usulan kerjasama tersebut, kemudian kedua belah pihak menandatangani perjanjian Kerjasama pada pembukaan pelatihan.
Ibu Nurul Widiawati, S.Pd, M.Pd menyampaikan dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kerjasama PSUB dengan IGABA. Sangat mengapresiasi semangat dan antusias semua ibu guru Bustanul Athfal dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kemudian ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kab.Berau ini beramanat untuk semuanya belajar bersungguh-sungguh agar siswa semakin merasa menyenangkan belajar di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Dan sebagai kegiatan pengembangan kemajuan Amal Usaha ‘Aisyiyah, semua pendidik diharapkan bersiap bekerjasama menerima ilmu-ilmu kekinian yang akan diberikan oleh Universitas Panca sakti Bekasi ini. Tidak lupa ucapan terima kasih yang mendalam kepada PSUB yang telah memberikan pelatihan ini dan selanjutnya mungkin ada metode-metode dalam bentuk lain yang akan diberikan pada guru-guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal ini.


Beberapa tujuan dari Pelatihan ini adalah untuk membuka wawasan guru betapa konten digital menjadi kebutuhan yang sangat utama dalam mendukung keotentikan asesmen dalam kurikulum Merdeka. Kemudian Aplikasi Padlet disampaikan untuk memberikan edukasi dan solusi kepada guru-guru PAUD dalam upaya guru dan siswa dapat saling mengirim catatan pada halaman yang sama. Adapun catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen, yang selama ini lebih sering dishare menggunakan WhatssApp group. Selanjutnya Aplikasi Liveworksheet juga dikenalkan kepada peserta, yaitu sebuah platform yang dapat membantu guru dalam membuat e-worksheet atau sering dikenal dengan lembar kegiatan siswa atau juga dikenal dengan LKPD.

Perjalanan acara sangat menyenangkan, mahasiswa PSUB melakukan pendampingan satu-persatu kepada peserta secara langsung. Semua guru asyik dengan gawainya baik media laptop maupun handphone sehingga meskipun terkadang mendapatkan tantangan gangguan sinyal yang naik turun, tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berkenalan dengan akun Padlet maupun Liveworksheet masing-masing. Jika ad yang tertinggal karena hambatan jaringan, maka peserta akan saling bertanya, berdiskusi dan yang sudah berhasil dengan rela hati memberikan tutorial kepada teman-temannya, sungguh sangat terasa kehangatan antar teman sejawat di lingkungan guru Bustanul Athfal ini.

Kegiatan berlangsung selama 1 hari penuh ini ditutup dengan semua peserta menyanyikan lagu Nasional Padamu Negeri “Padamu Negeri kami berjanji, kami berbakti, kami mengabdi, jiwa raga kami”. Dan bu Arpini menutup menyampaikan kesannya bahwa bahwa akan senantiasa rindu kegiatan seperti ini, yang dapat menumbuhkan semangat dan menebar manfaat.

Terima kasih kepada tim Universitas Panca Sakti Bekasi yang turut memberikan warna baru di dunia Pendidikan Batiwakkal dan mendukung menuju ‘Aisyiyah berkemajuan bersama Ikatan Guru Bustanul Athfal Berau.

error: Content is protected !!
banner 728x250