banner 728x250

Kapolres Bantaeng Tanda Tangani Fakta Integritas Penyelenggaraan Pilkades Serentak

BANTAENG – Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara, SH,Sik,M.Si, menghadiri acara tatap muka pembacaan dan penandatanganan Pakta integritas bersama forkopimda serta instansi terkait di gedung Balai Kartini, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Jum’at 27 Oktober 2023.

Pakta integritas dilakukan terkait atas penyelenggaraan pemilihan kepala Desa yang akan dilangsungkan pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023, sehingga acara tersebut menghadirkan seluruh kontestan calon kepala desa, panitia Pilkades dan BPD.

Tema yang diangkat adalah “Mari kita menciptakan Pilkades serentak yang aman humanis dan bertanggungjawab”.

Kapolres AKBP Andi Kumara, SH,Sik, MSI pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pada Pilkades tahun ini sebanyak 25 desa dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 74 orang yang akan berkompetisi.

“Dan ada 23 orang yang incumbent dengan jumlah TPS sebanyak 75 TPS, dimana pengamanan yang melibatkan dari polres Bantaeng sebanyak 251 personil ditambah 31 personil BKO dari polres Bulukumba, 75 personil dari kodim 1410 Bantaeng dan 75 personil dari Satpol-PP,” ungkap Kapolres.

Kapolres memaparkan bahwa maksud dikumpulkan seluruh elemen yang terkait pilkades sebagai niatan merajut emosional, membangun komunikasi dan sekaligus membuat komitmen melalui penandatanganan fakta integritas.

“Dimana komitmen itu disaksikan oleh kita yang ada di sini, maupun oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” jelas Kapolres.

Menurutnya, Kegiatan yang sudah dijadwalkan ini adalah hasil koordinasi dengan dinas PMDPP kabupaten Bantaeng guna mendukung pemilihan kepala desa supaya dalam prosesnya berjalan dalam jalur hukum yang sudah ditetapkan.

“Kami sangat tidak menghendaki akibat dampak dari Pilkades 25 desa ada orang-orang yang kami periksa,” jelas Kapolres.

Dengan demikian kata Kapolres, Niatkan dalam mengikuti pemilihan kepala desa dengan niatan lillahi ta’ala dan tidak akan melakukan sedikitpun pelanggaran yang bertentangan dengan norma hukum

“Sekali lagi saya tekankan kepada calon kepala desa, kami disini mengawal saudara semuanya, jangan kami dibikin repot dengan langkah-langkah yang kontra politik. silakan bersaing secara positif Kita semua adalah saudara,” ujarnya.

Kapolres Bantaeng menambahkan, Bahwa pemilihan kepala desa adalah amanah, Saya yakin kepada bapak/ibu sekalian bisa melakukan sesuatu yang positif dalam mencapai tujuan.

“Saya minta kepala calon kepala desa bahwa persahabatan itu jauh lebih mulia daripada kita harus bersaing tidak sehat. Demokrasi adalah yang mampu mengatakan selamat kepada yang menang,” katanya.

Kapolres juga menekankan agar masing-masing calon kepala desa bertekad kalau terpilih terpilihlah dengan mulia, tidak melakukan pelanggaran sehingga dalam terpilih nantinya mendapat keberkahan kepada keluarga, kepada diri dan kepada masyarakat di desa.

“Kami berpesan kepada BPD dan penyelenggara untuk kiranya nanti dalam proses pemilihan ketertiban adalah hal yang utama, Dan kami dari unsur kepolisian dan TNI beserta aparatur sipil siap mem-backup agar Pilkades berjalan aman dan damai,” pungkas Kapolres.

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250