banner 728x250

Jamintel Dr. Reda Manthovani: Intelijen adalah Strategi dan Seni Mendapatkan Informasi untuk Pengambilan Kebijakan

JAKARTA – Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Dr. Reda Manthovani memberikan ceramah yang pada pokoknya membahas mengenai Intelijen Kejaksaan kepada Siswa Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXX (80) Gelombang II Tahun 2023, di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, pada Jumat (1/12/2023).

Menurut Jamintel untuk bisa menjadi Jaksa yang andal dan bermartabat, setiap Jaksa harus memiliki pengetahuan Intelijen Kejaksaan. Artinya, Intelijen sebagai pengetahuan seharusnya dapat menjadi suatu kebutuhan sehubungan dengan adanya upaya untuk mewujudkan kewaspadaan dan ketahanan nasional.

“Mengutip kitab perang legendaris ‘The Art of War’ karya Sun Tzu tentang pentingnya penguasaan atas informasi, Kekuatan spionase adalah salah satu kunci keberhasilan menggali informasi. Hal sekecil apa pun akan sangat berguna jika kita bisa memaksimalkannya,” ujarnya dalam siaran pers pada Jumat (1/12/2023).

Berdasarkan hal itu, Jamintel menyimpulkan bahwa landasan pemikiran operasi intelijen di seluruh dunia bukan lagi perang fisik seperti masa lalu, melainkan perang informasi.

“Melihat prinsip dasar dari cara berpikir intelijen, maka pengetahuan intelijen seharusnya menjadi bagian dari pengetahuan umum warga Adhyaksa. Intelijen adalah strategi dan seni mendapatkan informasi untuk pengambilan kebijakan,” jelasnya.

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250