banner 728x250

Anak – anak TK dan PAUD di Kecamatan Peureulak Aceh Timur diperkenalkan cara melaksanakan Ibadah Haji

PEUREULAK – Ratusan anak-anak berkumandang talbiyah seperti jama’ah haji yang sedang melakukan rangkaian ibadah di tanah suci. Mereka adalah murid-murid Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), dan PAUD yang sedang mengikuti kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak Usia Dini di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Peureulak Aceh Timur, Kamis (7/12/2023).

Ketua Panitia Pelaksana, Yunasri, S.Pd, menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan, yaitu untuk memperkenalkan ibadah haji sebagain salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan jika sudah mampu, dan memotivasi guru, anak dan orang tua.

“Tujuan lainnya adalah menumbuhkan kecintaan kepada Baitullah sebagai kiblat shalat umat Islam sehingga tertanam keinginan yang kuat untuk menunaikan ibadah haji kelak saat dia sudah mampu,” tutur Kepala TK Negeri Pembina Peureulak itu, didampingi sekretaris panitia, Zahri Fitriani, S.Pd.

“Jumlah peserta seluruhnya 400 anak yang berasal dari 16 TK, RA, dan PAUD,” imbuh Zahri Fitriani.

Atas nama seluruh panitia pelaksana, Yunasri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung sehingga acaranya terlaksana sesuai harapan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan berbagai pihak, terutama Dinas Dikbud, Kemenag, dan IPHI Kabupaten Aceh Timur. Dan tidak kalah pentingnya adalah dukungan moril serta materil dari para wali murid,” pungkas Yunasri.

Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama kepala, guru, dan wali murid TK/RA/PAUD dalam Kecamatan Peureulak, Peureulak Barat, dan Peureulak Timur itu dibuka secara resmi oleh Plt. Kabid PAUD dan PNF , Yusnil Amri, S.Pd, M.Pd Dalam arahannya, Yusnil memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat mensukseskan kegiatan tersebut.

“Apresiasi dan terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan besar ini. Menurut saya, ini tidak mudah. Dan saya berharap, kolaborasi besar ini perlu dilestarikan menjadi agenda tahunan,” ucap Yusnil.

Yusnil menilai, kegiatan manasik haji bagi murid-murid RA dan TK sangat tepat dalam upaya menanamkan nilai-nilai keagamaan. Hal itu menurutnya, sejalan dengan perkembangan fisik anak yang mempunyai memori sangat kuat dan kecenderungan untuk meniru apa yang dilihatnya.

”Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini, diharapkan ajaran Islam dapat dengan mudah tertanam pada diri anak-anak. Guru RA dan TK memiliki peran yang penting dalam pendidikan agama, serta membentuk moral dan akhlak anak bangsa, karena anak di usia kurang dalam 6 tahun merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan,” imbuh Yusnil.

Sementara itu, Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Aceh Timur, Syarifuddin S. Malem, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, IPHI selalu siap membantu dan mendukung kegiatan peragaan manasik haji bagi anak TK karena sangat tepat dalam upaya menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini.

“Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini, diharapkan ajaran Islam dapat dengan mudah tertanam pada diri anak-anak. Tujuannya, agar anak senantiasa mengenang dan mencintai ajaran Islam, sebab hal itu termasuk dalam rukun Islam ke lima, yakni menunaikan ibadah haji bagi yang mampu,” ungkap Syarifudin.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kabid Plt PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Yusnil Amri,S.Pd, M.Pd, Korwil Dispenbud Peureulak, Zulkifli, S.Pd, M.Pd, Camat Peureulak, Nasri, S.E, MSM diwakili Kasi Keistimewaan, Muhammad Ikhsan,S.E, Ketua HIMPAUDI Aceh Timur, Nuraini Ismail, A.md, Ketua IGTKI Aceh Timur, Safrina, S.Pd, Ketua IGRA Aceh Timur, Yusnidar, S.Pd, Sekretaris IPHI Aceh Timur, H. Syarifuddin S Malem, Para Kepala TK, RA dan PAUD, Para Pengawas TK dan Para Penilik PAUD.

(HASAN BASRI MAKEN)

error: Content is protected !!
banner 728x250