banner 728x250
Langsa  

Ratusan Petani Milenial dan Penyuluh Pertanian Ikuti Bimtek di Langsa

LANGSA – Ratusan petani milenial dan penyuluh pertanian berkumpul dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, bekerjasama dengan DPD II KNPI Kota Langsa. Acara ini bertemakan ‘Penyuluh Pertanian dan Petani Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung’ untuk Angkatan I Tahun 2023, pada Sabtu (16/12/2023).

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin, diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Langsa, Muharram ST MSi, membuka acara tersebut dengan menyoroti peran penting sektor pertanian dalam perekonomian Indonesia. Dalam pidatonya, Muharram menekankan perlunya peningkatan kualitas hasil pertanian serta pentingnya kualitas sumber daya manusia, terutama penyuluh pertanian.

“Penyuluh pertanian menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas petani saat ini,” kata Muharram.

Menurutnya, penyuluh tidak hanya menyampaikan informasi dari balai pengkajian ke petani, namun juga mengambil aspirasi dari petani untuk disampaikan kepada pembuat kebijakan. “Keberadaan mereka di lapangan memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi yang sebenarnya,” ungkapnya.

Salah satu fokus utama Bimtek ini adalah penguatan kompetensi penyuluh pertanian dan penggunaan teknologi pertanian guna meningkatkan produksi. “Pemerintah dan masyarakat berharap adanya kemajuan dalam teknologi pertanian yang efektif dan efisien guna meningkatkan produksi pertanian serta kesejahteraan petani,” tandasnya.

Ketua terpilih DPD II KNPI Kota Langsa, Rizki Maulana S.Sos, SH, MSP, MH, menyoroti peran penting generasi muda dalam pembangunan pertanian. Menurutnya, pemuda harus berperan dalam kebijakan sektor pertanian dan memberikan dukungan serta advokasi yang diperlukan.

Acara ini dihadiri oleh pemateri dari berbagai latar belakang ilmiah dan praktisi pertanian yang memberikan wawasan serta pengetahuan baru kepada peserta.

Pihak KNPI berharap kerjasama dengan Kementerian Pertanian RI terus berlanjut demi kemajuan sektor pertanian di Langsa.

Bimtek ini menjadi momentum yang penting bagi para penyuluh dan petani milenial untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi, serta profesionalitas mereka guna mendukung pertumbuhan ekonomi indonesia.(hi)

error: Content is protected !!
banner 728x250