banner 728x250

Kompak, Kapolres Bantaeng dan PJ Bupati Bantaeng jadi Inspektur Upacara

BANTAENG – Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara SH, S.I.K, M.Si didampingi oleh PJ Bupati Bantaeng Dr Andi Abu Bakar, S.Ip, M.Si menjadi Pembina upacara dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Bantaeng, Kamis (21/12/2023).

Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Bantaeng Jalan Sungai Bialo Kelurahan Lembang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng dan diikuti oleh personel gabungan TNI-Polri, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan.

Kegiatan diisi dengan penyematan pita tanda Operasi Lilin 2023 kepada perwakilan yang sudah ditunjuk.

Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara SH, S.I.K, M.Si membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si yang intinya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat dengan optimal.

“Polri didukung dengan TNI,
Pemda, Mitra Kamtibmas, dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024,” ujarnya.

“Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu, untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” tambahnya.

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas pengamanan operasi lilin 2023, optimalkan fungsi command centre yang dilengkapi berbagai fitur modern yang terintegrasi dengan CCTV dilapangan agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, serta seluruh personel dilapangan dapat bekerja secara terpadu.

Selanjutnya hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi.

Sementara itu PJ Bupati Bantaeng Dr Andi Abu Bakar, S.IP, M.Si mengatakan Operasi Lilin Tahun. 2023 ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, sesuai dengan sambutan Kapolri ini sudah jelas, sisa kita mengawal, menjaga poin-poin yang ditekankan oleh Kapolri, sehingga kita bisa mewujudkan penyelenggaraan hari raya Natal 2003 dan tahun baru 2014.

Tak sampai di situ, kata Pj Bupati Bantaeng mengungkapkan dukungan dari pemerintah kabupaten Bantaeng secara teknis dalam satgas ini ada Dinas Perhubungan, Satpol PP/Damkar, Badan Penanggulangan bencana dan lain sebagainya.

“Secara keseluruhan pemerintah daerah dan bersama TNI Polri dan unsur Forkompinda Bantaeng solid untuk menciptakan suasana yang kondusif, tentram, aman dan tertib serta ummat Kristiani di Kabupaten Bantaeng bisa melaksanakan Ibadah Natal dengan khidmat,” terang Pj Bupati Bantaeng. (ta)

error: Content is protected !!
banner 728x250