banner 728x250

Pasca Ledakan Tungku Smelter PT. ITSS di Kawasan PT. IMIP, Korban 59, 18 Orang Meninggal Dunia

PALU – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah telah memeriksa 14 orang dari pihak perusahaan atas tragedi ledakan tungku smelter milik PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), Kawasan PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono., S.IK., S.H., M.H menyampaikan Olah TKP masih berlangsung hingga saat ini dan saksi diperiksa sudah 14 orang dari karyawan PT IMIP, saat Konferensi Pers di ruang kerjanya di Mapolda Sulteng, Jalan Soekarno-Hatta di Palu, Selasa (26/12/2023).

Lanjut Kabid Humas Polda Sulteng mengatakan, pihak Polda menambahkan penyidik dari Polres Morowali, sebelumnya sudah ada satu tim penyidik membantu pelaksanaan tugas di Polres Morowali dalam hal pengungkapan kebakaran tersebut.

“Hingga saat ini penyelidikan dan penyidikan masih berlangsung, tim investigasi masih dilapangan, baik tim DVI, Puslabfor INAFIS Makasar,” ungkapnya.

“Saat ini masih menunggu hasil tim Jibom, Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) Brimob apakah ada kimia berbahaya dan bahan peledak,” tambahnya.

Kabid Humas Polda Sulteng sampaikan bahan peledak dan kimia berbahaya tidak ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Lanjut menambahkan, Kapolda Sulteng juga sudah melakukan Zoom meeting dengan pihak kedutaan China terkait peristiwa kebakaran tersebut.

“Total korban 59 orang 18 orang meninggal dunia dengan rincian 8 orang tenaga kerja asing (TKA) dan 10 orang tenaga kerja Indonesia (TKI). Luka berat 24 orang di rawat di RSUD Morowali, 12 orang luka sedang rawat klinik IMIP dan ada juha rawat jalan,” pungkasnya. (jamal)

error: Content is protected !!
banner 728x250