banner 728x250

Sebanyak 1,5 Juta Lebih Surat Suara Pemilu Aceh Timur mulai di Solip

ACEH TIMUR – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur mulai melakukan sortir dan lipat (Solip) kertas suara untuk pemilihan umum (Pemilu) sebanyak 1.517.067 lembar di Halaman kantor sekretariat KIP setempat.

Ketua KIP Aceh Timur, Yusri mengatakan hari ini menjadi hari pertama kertas suara pemilu dilipat oleh tenaga yang direkrut oleh sekretaris KIP Aceh Timur. ”Hari pertama ini kertas suara yang disortir dan dilipat adalah kertas suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP),” ujarnya.

Untuk PPWP jumlah kertas suara yang disortir dan lipat sebanyak 303.413 lembar yang dilakukan oleh 230 orang petugas dibagi menjadi 10 kelompok. Pelipatan kertas suara tersebut dimulai pada pukul 10.00 sampai pukul 17.00 wib.

”Mereka bertugas untuk sortir dan pelipatan kertas suara selalu lima hari kedepa dan besok akan dilakukan pelipatan kertas suara DPR RI dan seterusnya,”katanya.

Untuk upah sortir dan pelipatan kertas suara, sekretariat KIP Aceh Timur membayar per lembarnya untuk kertas suara PPWP sebesar Rp 300 per lembar, sedangkan untuk kertas suara DPP RI, DPD RI, DPRA dan DPRK masing-masing setiap kertasnya sebesar Rp 450 karena ukuran kertas suara tersebut lebih besar dibandingkan kertas PPWP.

Sementara itu Elfi, salah satu petugas sortir dan pelipatan kertas suara merasa senang karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

”Dari Gampong kami saja sebanyak 20 orang tenaga sortir dan pelipatan yang direkrut oleh sekretariat KIP Aceh Timur dan semuanya perempuan,” sebutnya.

Proses sortir dan pelipatan kertas suara di sekretariat KIP Aceh Timur turut diawasi oleh Bawaslu, Polres dan Komisioner KIP Aceh Timur. (Hasan Basri Maken)

error: Content is protected !!
banner 728x250