banner 728x250

Strategi Pj Gubernur Safrizal Redam Inflasi dengan Perkuat Rantai Pasok

PANGKALPINANG – Meskipun berhasil mengendalikan inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Tak membuat Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA berpuas diri, dirinya akan terus memperkuat manajemen rantai pasok komoditas pangan yang menyebabkan terjadinya inflasi.

“Alhamdulillah, inflasi kita masih berada di angka 2,65 persen untuk periode Desember 2023. Secara umum sudah baik, namun kita harus benahi terus-menerus. Kita perlu memastikan ketersediaan barang tersedia di pasaran,” ujarnya seusai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual di Ruang Transit Kantor Gubernur Babel, pada Senin (8/1).

Menurutnya, beberapa hal itu penting untuk menurunkan inflasi sampai ke ambang batas wajar dan dibutuhkan perbaikan dari manajemen rantai pasok komoditas pangan yang ada. Dengan begitu, stok komoditas pangan seperti cabai akan terjaga.

“Peningkatan produksi komoditas menjadi salah satu strategi dengan melakukan gerakan tanam serentak. Saya juga akan mengintruksikan kepada seluruh OPD untuk turut berpartisipasi dalam gerakan tanam tersebut,” ungkap Safrizal.

Selain itu, pihaknya terus berupaya membenahi rantai distribusi barang, karena jika jalur distribusi terlalu panjang, maka akan berpengaruh terhadap harga akhir yang diterima konsumen.

“Kita terus berupaya sehingga kita harap inflasi Babel bisa turun hingga bisa 10 besar terendah inflasi se-Indonesia,” tutup Pj Gubernur Safrizal.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian pada Rapat pengendalian inflasi dilaksanakan secara mingguan itu menyampaikan berdasarkan Rilis Badan Pusat Statistik periode Desember 2023, kondisi inflasi provinsi tertinggi adalah Provinsi Maluku Utara (4,41 persen), sementara provinsi inflasi terendah adalah Provinsi Aceh (1,53 persen).

“Tolong digencarkan betul gerakan pangan murah dan bansos. Itu sangat memberikan arti terhadap daya beli masyarakat dan membuat inflasi terkendali,” pesannya.

Sebelumnya, disela-sela mengikuti Rakor, Pj Gubernur Safrizal didampingi Sekretaris Daerah Naziarto juga melakukan pertemuan yang dikemas dalam bentuk coffee morning dengan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Babel. Dalam pertemuan ini juga membahas kinerja, capaian dan program yang akan dilakukan kedepannya. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
error: Content is protected !!
banner 728x250