banner 728x250

Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan Surat Suara KIP Kota Langsa, Persiapan Matang Jelang Pemilu 2024

LANGSA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara serta aplikasi Sirekap menjelang Pemilu 2024 di halaman kantor setempat, Gampong Birem Puntong, Rabu (24/01).

Acara yang dihadiri hampir 200 orang tersebut langsung dipimpin Pj Walikota Langsa Syaridin, Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi, Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, Dandim 0101/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, Kajari Langsa Efrianto, Wakil Ketua PN Langsa, seluruh Komisioner dan Sekretaris KIP, Bawaslu Kota Langsa, Pimpinan Partai Politik, Media serta turut masyarakat setempat.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Kota Langsa, M Al Fadhal MSi menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah simulasi yang digelar oleh KIP Langsa sesuai perintah KPU RI.

“Tujuannya untuk pemantapan kesiapan pungut hitung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang dengan harapan penyelenggara Pemilu dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai Juknis No.66 tahun 2024,” jelasnya.

 

Dalam simulasi ini ada sekitar 185 pemilih yang hadir, baik itu dari unsur Forkompimda, Stakeholder, Bawaslu, Pimpinan Partai Politik, Media, dan masyarakat sekitar Gampong Birem Puntong.

Sementara itu, Ketua KIP Kota Langsa Ridwan ST mengatakan bahwa Pemilu harus berjalan dengan baik. Jadi simulasi ini digelar untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan dan tercapainya Pemilu secara langsung, umum, bebas, dan rahasia.

“Terima kasih kepada para pemilih yang sudi hadir dalam simulasi ini, kiranya ke depan masyarakat dapat lebih paham dan mengerti cara pungut hitung, begitu juga dengan para penyelenggara di tingkat KPPS,” ucapnya mengakhiri.

Sebelumnya, Pj Walikota Langsa dalam sambutannya menyampaikan, syukur Alhamdulillah seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu telah dilaksanakan dengan baik di Kota Langsa, mulai dari tahap awal sampai dengan hari ini yang hanya tinggal 22 hari lagi menjelang pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Hari ini, kita saksikan KIP Kota Langsa menggelar simulasi pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan surat suara sebagai persiapan pelaksanaannya Pemilu pada 14 Februari nantinya,” ujarnya.

Lanjut Syaridin mengatakan, Seperti yang kita lihat, pelaksanaannya berlangsung dengan baik serta rapi dan ini tidak terlepas dari keterlibatan kita semua, baik Pemerintah Kota Langsa, Forkopimda, KIP, Bawaslu, dan masyarakat,” beber Pj Walikota.

Harapan kita, agar tidak ada kendala atau masalah apapun dari persiapan sampai pelaksanaannya nanti, sehingga berjalan aman, nyaman, dan terkendali untuk mensukseskan Pemilu 2024 di Kota Langsa,” pungkas Syaridin. (hi)

error: Content is protected !!
banner 728x250