banner 728x250

Gelar Penyuluhan Kesehatan, Kalapas Psngkalpinang Badarudin: Wujudkan Pemasyarakatan Sehat

PANGKALPINANG — Lapas Pangkalpinang ikut serta dalam mencetak Rekor Muri dengan menggelar penyuluhan kesehatan berupa gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kebersihan lingkungan MCK, Drainase dan pencucian tempat sampah, yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal bagi petugas dan Warga Binaan di Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang, Jumat (19/4).

Bertajuk Pemasyarakatan Sehat, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Lapas/Rutan/LPKA se-Indonesia sejak tanggal 17-19 April 2024, yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan petugas dan Warga Binaan Lapas Pangkalpinang.

Kepala Lapas Pangkalpinang, Badarudin, mengatakan kegiatan ini masih dalam satu rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024, sebagai upaya mewujudkan Pemasyarakatan Sehat.

“Kegiatan ini merupakan implementasi Surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.6-PK.06.01-487 tanggal 1 April 2024, yang menggarisbawahi pentingnya Pemasyarakatan Sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Badarudin menegaskan bahwa kolaborasi dalam kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan Lapas secara berkelanjutan, sehingga nantinya akan menghasilkan kualitas kesehatan para Warga Binaan.

“Dalam pelaksanaannya, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, yang diwakili Puskesmas Kecamatan gerunggang,” tambahnya.

Sebelumnya, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal diawali dengan senam bersama secara virtual bagi seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan tema “Mewujudkan Kumham Sehat Kumham Produktif”.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Subbidang Bimbingan dan Pengentasan Anak, Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Bangka Belitung, Rita Ribawati, beserta jajaran, Dokter Bintang beserta tim dari Puskesmas Kecamatan Gerunggang, serta seluruh petugas dan Warga Binaan Lapas Pangkalpinang. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250