banner 728x250
Berau  

Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya, DPC FKUI Berau Undang BPJS Ketenagakerjaan Berau Sosialisasikan Program Jaminan Sosial

BERAU – Untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial serta memperkuat peran serikat buruh pada anggota Dewan Perwakilan Cabang ( DPC ) Federasi Kebangkitan Buruh Indonesia ( FKUI) Berau mengundang BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan Program-program sosial. Acara tesebut digelar di Grand Parama Hotel, Jalan Pemuda, Kelurahan Bugis, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau pada Jumat, (19/4/ 2024) pukul 10.00 hingga 14.00 Wita.

Ketua DPC FKUI Berau Ari Iswandi mengatakan bahwa melalui kegiatan ini dia berharap semakin bertambah kesadaran pekerja akan pentingnya jaminan sosial. Dan tentunya, kata Ari, dengan menjadi kepesertaan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan dapat mendorong pemberi kerja agar dapat mendaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi yang belum terdaftar. Selain itu, lanjutnya, agar anggota FKUl semakin solid dan berperan aktif dalam serikat.

“Untuk itu kami dari DPC FKUI Berau mengadakan Konsolidasi dan Membership Meeting bersama BPJS Ketenagakerjaan dan mengundang seluruh anggota kami dari DPC FKUI Berau untuk hadir pada acara ini ,” ujar Ari.

Sementara itu, Ketua Umum FKUI Pusat, M.Nainggolan, S.H, yang juga turut hadir dalam acara itu mengatakan bahwa, FKUI selalu berkolaborasi bersama BPJS Ketenagakerjaan yang bearda di pusat, dan untuk yang berada di daerah, hal ini sangatlah penting karena menurutnya, tenaga kerja lebih banyak berada di daerah dan belum sepenuhnya tersosialisai terhadap anggotanya yang berada di daerah.

“Jadi kita perlu kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan kepada anggota kita semua disetiap daerah terkait seluruh program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga anggota kita dapat memahami pentingnya bergabung berasama BPJS Ketenagakerjaan ,” ujar M.Nainggolan.

Lebih lanjut dikatakan Ketum FKUI, bahwa sudah hampir seluruh anggota DPC FKUI yang ada di seluruh Indonesia telah bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan dan itu yang membuatnya merasa bangga terhadap kesadaran seluruh anggotanya.

“Sudah hampir selurhnya anggota kita bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan untuk Kabupaten Berau itu sendiri adalah DPC yang terkhir yang kita ajak untuk bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

Dengan adanya sosialisasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, DPC FKUI Berau harus mengikuti Program- program BPJS Ketenagakerjaan, karena menurutnya ini sangat penting dan diharuskan bagi setiap anggota.

“Karena ini menrupakan suatu kewajiban dan menjadi hak mereka, jadi itu harus, dan itu telah diatur dalam Undang undang. Itulah gunanya kita mengundang BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan program program yang bermanfaat bagi anggota,” tegas M.Nainggolan mengakhiri.

Ditempat yang sama, Fajar Mahdah selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Berau mengungkapkan bahwa hari ini adalah kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka menghadriri  undangan FKUI Berau, tentunya untuk memberikan informasi dan update program manfaat BPJS Ketangakerjaan.

“Pada hari ini kita menyampaikan 5 program manfaat BPJS Ketengakerjaan, yakni ; Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK) , Jaminan Kematian ( JKM) , Jaminan Hari Tua ( JHT), Jaminan Pensiun ( JP) , dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang merupakan program terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan ,” papar Fajar.

Untuk di ketahui, tekait kegiatan rutin BPJS ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan Berau selalu rutin berkoordinasi dan berkoaborasi bersama Serikat-serikat pekerja yang ada di Kabupaten Berau dan salah satunya adalah DPC FKUI Berau. ( *)

error: Content is protected !!
banner 728x250