banner 728x250

Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2024, Kapolda Sulteng Tekankan Hal ini

PALU – Memulai seleksi penerimaan terpadu Anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2024, Polda Sulawesi Tengah menggelar penandatanganan pakta Integritas dan pengambilan sumpah kepada peserta seleksi, orang tua dan panitia berlangsung di Rupatama Polda Sulteng, Jumat (19/4/2024)

Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko mewakili Kapolda, memimpin pengambilan sumpah dan menyaksikan serta menanda tangani pakta integritas yang disaksikan oleh Irwasda Polda Sulteng diwakili Auditor Kombes Pol. Boy Samola dan Karo SDM Kombes Pol. Heru Budi Parsetyo.

Dalam sambutan tertulis Kapolda Sulteng dibacakan oleh Wakapolda, antara lain mengtakan, penerimaan terpadu anggota polri merupakan bagian dari penyediaan sumber daya manusia Polri yang bertujuan mencapai sasaran kekuatan dengan memilih warga negara yang berkualitas untuk menjadi seorang anggota polri.

“Nantinya diharapkan mampu berperan sebagai pengemban tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat secara profesional, bermoral dan modern,” ujarnya.

Oleh karenanya Kapolda juga berharap, setiap calon anggota Polri dituntut memiliki kualitas yang dipersyaratkan, baik yang menyangkut aspek mental kepribadian, intelegensia, kesehatan maupun kesamaptaan jasmani.

“Pada kesempatan ini, perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan terpadu anggota polri yang telah kita laksanakan bersama ini bermakna sangat strategis guna mewujudkan proses penerimaan yang clear and clean,” tegasnya.

“Sumpah yang saudara-saudara ucapkan merupakan salah satu bentuk manifestasi hubungan manusia dengan Tuhan, yang mengandung makna dan konsekuensi yang wajib dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Adapun pakta integritas yang saudara-saudara tanda tangani, merupakan upaya kita untuk membangun komitmen bersama, guna mewujudkan penerimaan yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis,” terang Irjen Agus Nugroho.

“Untuk itu, saya berharap kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini benar-benar dapat dijadikan sebagai pedoman dan landasan moral bagi seluruh peserta dan panitia dalam melaksanakan seluruh tahapan seleksi,” harap Kapolda.

Perlu juga saya ingatkan, bahwa pakta integritas yang saudara-saudara tanda tangani, mengatur sanksi yang tegas bagi para pelaku penyimpangan, mulai dari sanksi moral, sanksi administratif sampai dengan sanksi pidana.

Lanjut Kapolda Sulteng juga memberikan penekanan dalam penerimaan terpadu anggota Polri T.A 2024 ini, sebagai berikut:

1. Kepada para peserta, agar mengikuti proses penerimaan terpadu anggota polri dengan baik dan tidak mengandalkan orang lain atau sponsorship, namun mengandalkan kemampuan diri sendiri dan berdoa kepada tuhan yang maha kuasa, sehingga keberhasilan akan menghampiri peserta sekalian;

2. Kepada para orang tua peserta, agar percaya terhadap kemampuan para peserta tanpa harus mengandalkan orang lain atau sponsorship, selalu iringi mereka dengan dukungan dan doa kepada tuhan yang maha kuasa.

3. Kepada seluruh panitia dan pengawas, jangan pernah untuk mencoba melakukan penyimpangan. Laksanakan proses penerimaan ini, dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Sementara itu Karo SDM Polda Sulteng Kombes Pol. Heru Budi Prasetyo mengatakan, bahwa proses penerimaan terpadu anggota polri diawali dengan pendaftaran mulai tanggal 25 Maret 2024 dengan jumlah pendaftar yang terverifikasi sampai saat ini sebanyak 371 orang terdiri dari 366 orang pria dan 47 orang wanita.

Lanjut Heru juga merincikan peserta yang mengikuti seleksi terdiri dari :

1. Taruna Akpol sebanyak 53 orang terdiri dari 48 orang pria dan 5 orang wanita;

2. Bintara Polri sebanyak 340 orang terdiri dari 298 orang pria dan 42 orang wanita;

3. Tamtama Polri sebanyak 20 orang pria.

“Selanjutnya, para peserta akan mengikuti beberapa tahapan seleksi yaitu pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, uji akademik, uji jasmani dan penelusuran mental kepribadian,” tandasnya.

“Sedangkan pendaftaran untuk Bintara dan Tamtama Polri masih dubuka hingga tanggal 25 April 2024, sehingga dipersilahkan kepada adik-adik lulusan SLTA/Sederajat untuk segera mendaftarkan diri, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website : penerimaan.polri.go.id,” pungkasnya. (jamal)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250