banner 728x250

PLN Babel-Pokdarwis Bersihkan Kawasan Wisata Bukit Pinteir

PANGKALPINANG – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung melakukan aksi kegiatan peduli lingkungan dengan berkontribusi dalam membersihkan sampah plastik dan bekas minuman di Bukit Pinteir yang berlokasi di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Seluruh manajemen dan pegawai sangat antusias melakukan kegiatan _hiking_ (mendaki) Bukit Pinteir sekaligus bersama-sama membersihkan lingkungan sekitar guna menjaga kelestarian alam.

Tidak hanya itu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Pinteir turut serta berkolaborasi dengan memandu _hiking_ ke puncak Bukit Pinteir.

General Manager PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman sangat mendukung kegiatan _hiking_ dan peduli lingkungan ini sebagai bentuk _life Balance_ (keseimbangan hidup) pegawai PLN yang kesehariannya selalu disibukkan dengan aktivitas pekerjaan menjaga keandalan pasokan listrik bagi pelanggan.

“Kegiatan lingkungan seperti ini adalah langkah positif untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan, selain membuat kita lebih sehat kita juga dapat berkontribusi untuk menjaga lingkungan sekitar kita. Karena menjga lingkungan ini tanggungjawab kita semua. Semoga kelestrian alam terjaga dan lokasi wisata bukit pinteir ini menjadi destinasi wisata alam lokal yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujar Munief dalam press releasenya, Sabtu (20/4/2024).

Giat bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh PLN UIW Babel ini juga merupakan bentuk aktualisasi pada rangkaian peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April nanti.

Giat bersih lingkungan Bukit Pinteir juga merupakan bentuk realisasi komitmen PLN terhadap kelestarian lingkungan, khususnya di sekitar Pulau Bangka dan Belitung.

Pegawai PLN UIW Babel, Raja Sitepu mengatakan semangat kebersamaan dengan tujuan mulia yang tercerminkan dari kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita terus menjaga lingkungan khususnya di Bukit Pinteir ini baik itu flora dan fauna yang menjadi kekayaan alam khas di Bangka Belitung.

Selain itu, pengurus Pokdarwis Bukit Pinteir, Desta Pratama menyampaikan bahwa kawasan wisata Bukit Pinteir ini merupakan kawasan hutan lindung yang didiami oleh berbagai satwa endemik seperti Mentilen, Pelanduk, Teringgiling, Musang serta pepohonan khas Pulau Bangka.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PLN UIW Babel karena kegiatan yang dilakukan sangat membantu melestarikan kawasan hutan lindung Bukit Pinteir yang saat ini menjadi destinasi wisata.

“Selain mengelola kelestarian hutan di sini, Pokdarwis Bukit Pinteir membuka peluang UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menegah) untuk bergabung dikawasan wisata yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian lokal di daerah kawasan wisata ini,” kata Desta.

PLN saat ini tidak hanya fokus dalam meningkatkan penjualan listrik, namun berkomitmen terus menjaga dan melestarikan lingkungan dalam setiap proses bisnisnya, dan terus berupaya mengembangkan energi ramah lingkungan sebagai sumber pasokan listrik untuk mendukung program pemerintah _Net Zero Emission_ (NZE) 2060. (bai)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250