banner 728x250
Langsa  

Peringatan Hari Otda ke XXVIII, di Kota Langsa Berlangsung Khidmat

LANGSA – Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII, di Kota Langsa Berlangsung Khidmat, bertempat di Halaman Pendopo Walikota Langsa, Kamis (25/4/2024).

Bertindak selaku Pembina Upacara pada peringatan hari Otda tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ali Musafah, SE dan diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di wilayah Pemerintah Kota (Pemko) Langsa.

Adapun tema peringatan hari Otda kali ini, yakni “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Dalam amanatnya, Ali Musafah membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang menyampaikan beberapa hal diantaranya, memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan.

Selain itu, Tujuan Otonomi Daerah, serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan, dan juga pembagian urusan pemerintahan menjadi urusan pemerintahan konkuren atau urusan yang dapat dikelola bersama antara Pusat, Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota.

“Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah. Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,” ungkapnya.

Terakhir, Kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.

Hadir juga dalam upacara tersebut para Fokopimda, Ketua MPU, MAA, MPD, Baitul Mal Kota Langsa, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kabag di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Langsa, TNI-Polri, Satpol PP, BPBD Kota Langsa dan Tamu undangan lainnya. (S3M).

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250