banner 728x250

Ketapang Awasi Kesehatan Ribuan Hewan Korban Datang dari Luar Daerah

KOTA BEKASI – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (Ketapang) Kota Bekasi Herbert Panjaitan, tengah melakukan kajian untuk pelaksanaan pemantauan hewan kurban pada, pelaksanaan Idul Adha 2024 mendatang, Jum’at (17/5/24).

Jelang Idul Adha 2024 mendatang pedagang hewan qurban akan berjualan di setiap lahan kosong dan yang sudah terdata ada ribu titik di Kota Bekasi.

“Dilokasi tempat penjualan dipantau kebersihan dan tidak itu saja dilanjut membaca sumber hewan datang dari daerah mana, kalau dapat dari luar daerah kita punya data surat keterangan sehat hewan,” ungkap Kepala Dinas Ketapang Herbert Panjaitan.

Dengan melibatkan team dari kecamatan kelurahan dan SATPOL PP bersama Assosiasi docter hewan untuk mengelokasikan pemotongan tapi kita ambil saja sempel daging yang ada sekitar berapa ribu titik pemotongan hewan.

“Setelah itu di cek usai dikasih tanda stempel di telinga kalau sudah ditek dengan arti hewan tersebut aman buat dikonsumsi pada hari H,” ujar Kepala Dinas Ketapang.

Terbentuk rapat koordinasi menghasilakan pemotongan hewan kurban supaya halal
tersebut nantinya bakal melibatkan team dari Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Camat, Lurah dan Docter Hewan.

“Untuk mencapai halal itu seperti apa cara pemotongan hewan kurban biasanya dikaki sudah memakai plastik terus daging hewan korban tidak boleh kena tanah langsung, terus jeroan dipisahkan lalu ambil buat sempel,” pungkas Herbet Panjaitan.

“Mudah mudahan seluruh peternak hewan yang ada di Kota Bekasi sudah steril buat dikonsumsi,” harapnya. (Fth/Uung/Putri)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250