banner 728x250

Dayah Al-Maimanah Keude Dua Terbakar, Hanguskan Bilik Santri dan Balai Pengajian

ACEH TIMUR – Lembaga Pendidikan Islam Dayah Al-Maimanah Keude Dua Pimpinan Tgk. H Abdul Wahab sekitar pukul 20.30 Wib malam terbakar, Rabu ( 4/6/2024).

Terbakarnya Dayah Al-Maimanah Keude Dua, tersebut sangat menggemparkan warga sekitar, bahkan membuat kepanikan warga lainnya berhamburan keluar rumah untuk membantu melerai kobaran api yang membumbung tinggi merayap ke bangunan bilik berkontruksi kayu.

Tapi apalah daya api dengan secepat kilat menyambar dari bilik ke 1 sampai bilik ke 8 hangus terbakar, sebelum Mobil Pemadam Kebakaran tiba kelokasi.

Saat di wawancarai, beberapa tenaga pengajar salah satunya Tgk Ibrahim mengatakan, sekitar pukul 20.30.Wib, para Santriwan sedang belajar di balai, sedangkan bilik semua dalam kondisi kosong, tanpa diduga api diperkirakan berasal dari konslet listrik yang kemudian membumbung tinggi dari bilik yang 1 sampai menyambar bilik ke -8 termasuk balai tempat belajar sehingga membuat kepanikan yang luar biasa yaitu santriwan berhamburan berlarian keluar.


” Sedangkan pihak pengurus Dayah secepat mungkin telah menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api ,” ujar Tgk Ibrahim .

Sambil menunggu pihak pemadam, kata Tgk Ibrahim, warga dan santri terus meleraikan api yang telah membumbung besar tapi apa daya usaha tidak dapat dikendalikan lagi oleh para santri bersama warga sekitar.

” Sampai saat ini kami mendata untuk 8 bilik kayu yang ditempati sekitar 30 santri telah terbakar. Barang -barang juga tidak dapat diselamatkan seperti kitab-kitab, pakaian maupun perlengkapan tidur, semua terbakar, termasuk uang saku maupun makanan bagi santri yang telah diantar oleh orang tua mereka masing-masing, sangat, sungguh sangat menyedihkan,” ungkapnya.

“Ini merupakan ujian bagi kita bersama, semoga ini ada hikmahnya dari Allah SWT untuk kita semua dan untuk selalu bersabar,” tuturunya.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran serta jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat musibah ini. (ts)

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250
banner 728x250